EmitenNews.com -PT Elnusa Tbk (ELSA) melalui segmen jasa hulu migas pada business line drilling workover services mengandalkan Elnusa Modular Rig 01 (EMR-01) dalam mendukung masifnya eksplorasi sektor hulu migas nasional.

Rig EMR-01 merupakan salah satu rig cyber atau rig yang dioperasikan oleh sistem komputer yang pertama di Asia Tenggara saat rig ini masuk ke Indonesia pada tahun 2008. Dengan keunggulan fast moving, EMR-01 sangat cepat melakukan proses rig up dan rig down dari satu lokasi pengeboran ke lokasi pengeboran lainnya.

Untuk keperluan pengeboran, secara teknis rig yang mampu mengebor sampai kedalaman 14.000 kaki ini dilengkapi dengan beberapa main equipment seperti substructure, menara, unit pompa lumpur, sampai Top Drive Drilling System, di mana semuanya bekerja secara terintegrasi.

"Elnusa akan selalu menyiapkan personel-personel EMR-01 lewat berbagai program peningkatan kompetensi, mulai dari soft skills sampai kompetensi teknis. Tidak hanya terbatas pada training di dalam negeri tetapi juga terbuka untuk mengasah kompetensi di negara perusahaan manufaktur rig," ujar Direktur Operasi Elnusa Charles Harianto Lumbantobing dalam keterangannya, Rabu (10/1).

Charles yakin denyan rig EMR-01 ini akan mampu menunjang masifnya kegiatan pengeboran dalam mendukung kegiatan eksplorasi hulu migas yang dicanangkan Pemerintah. Elnusa akan selalu siap menangkap peluang tersebut di mana tim EMR-01 memiliki dedikasi tinggi serta sudah teruji untuk menjalankan jadwal pengeboran yang padat dan ketat tanpa adanya delay time signifikan.

"Kami berharap EMR-01 ini dapat terus mendukung aktivitas hulu migas tanah air demi meraih target produksi minyak 1 juta barel dan produksi gas 12 BSCFD pada tahun 2030 mendatang," pungkas Charles.