Tertarik dengan penampilan fisik tinggi besar –tinggi 175 cm dan berat 85 kilogram– dengan kepala pelontos, dan sering mengenakan jas kasual, Yoshihiro Nakata mengasosiasikan sang sahabat dengan tokoh mafia yang dihormati, ramah, rendah hati, dan lembut. Untuk itu, awalnya secara bercanda ia menyapa Ilham Panjaitan sebagai Mister Godfather, dan keterusan sampai hari ini.


Sang istri Dr. drg. Dewita Restati, Ph.D. PH, atau karib disapa Wiwit menambahkan, gelaran godfather itu, cocok dengan sikap, dan ketegasan sang suami sebagai pemimpin perusahaan, dan keluarga. MIP, panggilan akrab Mahatma Ilham Panjaitan, sehari-hari tampil dengan ketegasan, tetapi mengayomi, dan senantiasa tampil sebagai pelindung keluarga.


Lewat saya ayah (generasi pertama) Samuel Panjaitan, Agung Concern yang berawal dari perusahaan keluarga mengelola showroom dan bengkel di Surabaya, Jawa Timur. Kemudian berkembang menjadi importir kendaraan bermotor. Termasuk salah satunya merek Toyota. Perusahaan lalu membuka cabang di Jakarta dengan mengimpor suku cadang dan kendaraan built up.


Seiring dengan perkembangan dunia otomotif di Indonesia dan pengalaman menjual kendaraan bermotor merek Toyota, Agung Concern dipercaya menjadi dealer utama Toyota. Agung Toyota, satu dari lima founding dealer Toyota sejak 1972, sejajar dengan antara lain Astra Internasional Group atau Auto 2000, Kalla Group, Arsjad Abadi dan Nasmoco Group. Agung Toyota kini tampil menguasai pasar mobil di wilayah Riau, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, dan Bali.


Sepeninggal sang ayah Samuel Panjaitan, bisnis dilanjutkan sang istri, Ostina. Tongkat kepemimpinan kemudian diberikan kepada generasi kedua, yakni anak-anaknya, setelah Ostina yang belakangan aktif di dunia pendidikan tinggi, menilai mereka mampu melanjutkan bisnis keluarga.


Grup Agung Concern, yang telah berusia 67 tahun, kini telah merambah ke berbagai lini bisnis, mulai dari transportasi darat dan laut, logistik, warehouse, properti, hingga teknologi informasi. Perusahaan keluarga yang didirikan oleh oleh pasangan almarhum Samuel dan Ostina Emmanuel Panjaitan tetap sukses berkembang di bawah kendali generasi kedua, dan kini telah melibatkan generasi ketiga.


Dalam dua dekade terakhir, sejak dipimpin Ilham Panjaitan, Agung Concern Group mampu bertahan melewati berbagai fase sulit. Bahkan, Agung Concern Group memiliki modal kuat untuk ikut menjadi salah satu pelaku penting dalam bisnis menuju Indonesia Emas 2045. ***