EmitenNews.com - UMKM Indonesia mendapat tempat di Amerika Serikat. East Bay Bakery, bisnis UMKM rintisan anak muda Indonesia, Gabriela Lubaba, di Kota Danville, wilayah Pantai Barat bagian Utara Amerika. Gaby sapaan akrabnya, bersama keluarga juga aktif membuka pop up kitchen di berbagai farmer markets yang menjual aneka kue (pastry) dengan sentuhan cita rasa Amerika dan tradisional nusantara/Indonesia di San Francisco Bay Area. Kehadiran East Bay Bakery ini, melengkapi bisnis kuliner rintisan anak-anak bangsa yang bikin bangga Indonesia. 

 

Seperti dikutip dari laman Kemlu.go.id, Rabu (19/7/2023), diaspora asal Indonesia yang telah tinggal lama Amerika Serikat itu, menggelar peresmian Satu Tahun East Bay Bakery, pekan lalu, setelah soft opening pada bulan yang sama tahun 2022.

 

Gaby merintis usaha bersama anggota keluarganya dari nol. Pengalamannya bekerja di sebuah toko makanan terutama seputar baking dan masak memasak, meningkatkan kemampuannya. Tidak hanya mewarisi kemampuan masak memasak dari keluarganya. Ia juga pernah mengambil pelatihan sertifikasi spesialisasi tata boga dan aneka kue dengan tenaga chef khusus didatangkan dari Paris, di sebuah Akademi Seni San Francisco. Dia berharap dapat terus mengembangkan bisnisnya.

 

Hadir memberikan dukungan, Konjen RI San Francisco, Wali Kota Danville Newell Arnerich, dan beberapa mitra bisnis kuliner. Kini, East Bay Bakery telah menjadi salah satu toko aneka kue terkenal di wilayah East Bay, California yang menjual berbagai aneka roti dan kue basah dan kue kering. 

 

Gaby  menceritakan, tidak kurang dari 12 jenis roti dan 25 jenis kue, termasuk berbagai kue khas tradisional Indonesia bisa ditemui di tokonya. Di antaranya, kelepon, ongol-ongol, lemper, lapis legit, cenil, kue talam, dan bolu kukus. Toko kue tersebut menjadi incaran masyarakat lokal. 

 

Setiap hari tokonya memasok kue beberapa supermarket besar di East Bay. Di antaranya Diablo Foods yang memiliki reputasi menjual beragam makanan sejak 1968. Sedikitnya 50 ribu aneka roti dan kue terjual habis setiap bulannya, termasuk sedikitnya 300 roti dan kue dipesan setiap harinya oleh Diablo Foods.

 

“Ratusan yang harus kami siapkan di event farmers market mingguan di Walnul Creeks maupun Orinda," ujar Gaby, di tokonya di 9000 Crow Canyon Road, Danville. 

 

Bikin bangga Indonesia

 

Keberadaan East Bay Bakery telah menambah khasanah bisnis kuliner rintisan masyarakat dan diaspora Indonesia khususnya di wilayah kerja KJRI San Francisco. Sebelumnya berdiri toko Vio Pastry di Vacaville, California yang diresmikan pada Mei 2022. Pada Agustus 2022, KJRI San Francisco juga turut meresmikan kehadiran toko grosir Maya Asian Market.