EmitenNews.com -PT Black Diamond Resources Tbk (COAL), perusahaan publik di sektor pertambangan batu bara, melalui Entitas anaknya PT Dayak Membangun Pratama (DMP) telah mengoperasikan transformasi digital operasionalnya atau sampai pada fase GoLive dalam menerapkan RISE with SAP S/4HANA Cloud hasil kerja sama dengan SAP Indonesia bersama PT Trimitra Sistem Solusindo atau TMS Consulting sebagai partner implementasi.

 

Dalam acara Go-Live Ceremony RISE with SAP S/4HANA Cloud Implementation dilaksanakan pada 18 Juli 2023 dan dihadiri oleh Direktur Utama BDR, Donny Janson Manua dan seluruh Direktur BDR, Edward Manurung, Muhammad Noval Zindann, dan Yogi Adrian, serta Direktur DMP, Jeffry Tong. Go-Live juga dihadiri Industry Account Executive SAP Indonesia, Lili Hartono, COO TMS Consulting, Dery Hananto, dan Project Manager TMS Consulting, Susi Haryani.

 

Black Diamond Resources (BDR) menjawab secara optimis tantangan bisnis secara operasional dengan mengadopsi transformasi digital pada proses operasional pertambangan yang selama ini masih dijalankan secara manual, serta masih dipegang oleh masing-masing penanggung jawab dan belum terintegrasi. Transformasi operasional bisnis secara digital bersama dengan SAP melalui partner implementasi TMS Consulting dilaksanakan sebagai praktik penyelenggaraan bisnis keberlanjutan melalui akurasi, efisiensi, dan dokumentasi yang terintegrasi.

 

BDR memilih menggunakan SAP sebagai sistem Enterprise Resource Planning (ERP) pilihan sehubungan dengan adanya kebutuhan integrasi proses dan report dari masing-masing divisi sehingga departemen yang membutuhkan data bisa mengakses dalam bentuk display. Project Manager TMS Consulting Susi Haryani menjelaskan untuk itu pihaknya membuat report modul production planning yang membantu pencatatan unit produksi menjadi lebih efisien.

 

Lalu, report KPI modul maintenance plan yang tidak perlu input manual, tapi bisa langsung diambil dari report KPI. Serta, solusi penentuan harga per pit modul controlling yang sudah otomatis diambil dari report cost center dan biaya produksi di tiap pit. "Jadi, pembagian jobdesc yang tadinya masih overlapping, sekarang sudah diatur dengan job role di SAP yang juga dengan otorisasi,. ujarnya. Kolaborasi antara SAP melalui TMS Consulting dengan BDR ini dimulai sejak Desember 2022, dilanjutkan Kick-off Ceremony pada Januari 2023, dan berjalan sesuai target timelineyakni mencapai tahap Go-Live di Juli 2023.

 

Cakupan kolaborasi antara PT Black Diamond Resources Tbk dengan TMS Consulting mencakup workshop fase blueprint untuk melihat flow transaksi di BDR. Lalu, melakukan user testing implementasi SAP dari fase blueprint ke key user yang bertanggung jawab untuk proses bisnis. Hingga ke implementasi testing SAP ke end user dengan pendampingan dari konsultan.

 

Serta menaikkan data master dan transaksi di pasar pra Go-Live. Direktur Utama Perseroan, Donny Janson Manua mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh pihak yang mendukung keberlangsungan kerja sama ini hingga fase Go-Live.

 

"Kami harapkan dengan transformasi digital ini, kami bisa mencapai goals tumbuh secara optimal dan maksimal sejalan dengan kontribusi untuk membangun bisnis yang positif baik bagi internal maupun seluruh pemangku kepentingan perusahaan," ujarnya.

 

Andreas Diantoro, Direktur Utama SAP Indonesia, mengatakan, "Dengan mengadopsi teknologi cloud, BDR sedang meningkatkan efisiensi dalam proses operasionalnya dan menyiapkan bisnisnya untuk masa depan. Solusi RISE with SAP dari kami akan memungkinkan BDR untuk mencapai integrasi yang lancar di seluruh divisi, memberikan akses instan bagi departemen-departemen ke data-data penting.