EmitenNews.com - Eagle High Plantations (BWPT) menyiapkan dana taktis Rp50 miliar. Anggaran tersebut disiagakan untuk melakukan pembelian kembali saham alias buyback. Besaran biaya buyback tersebut tidak akan melebihi 10 persen dari modal ditempatkan.

Buyback akan dilancarkan setelah mendapat lampu hijau dari para pemegang saham. Restu itu akan ditagih dalam rapat umum pemegang saham luar biasa pada Kamis, 16 Mei 2024 mendatang. Tepatnya, periode buyback sepanjang satu tahun.

Yaitu, selama 12 bulan sejak restu buyback diperoleh dari para pemodal dalam RUPS luar biasa. Perseroan meyakini buyback tidak akan mempengaruhi kondisi keuangan. Pasalnya, sampai saat ini perseroan mempunyai modal memadai untuk membiayai kegiatan usaha.

Oleh karena itu, pelaksanaan transaksi pembelian kembali saham tidak akan memberi dampak negatif bersifat material terhadap kegiatan usaha perseroan. Apalagi, perseroan memiliki modal kerja, dan arus kas cukup untuk membiayai buyback bersamaan dengan kegiatan usaha.

Aksi buyback itu, dilatari saat ini harga saham tidak mencerminkan kondisi fundamental, dan prospek usaha perseroan. Pembelian kembali saham itu, diharap dapat menjaga stabilitas harga saham di masa mendatang. Perseroan juga mengharap dapat terus menjaga pertumbuhan berkesinambungan di masa mendatang agar menguntungkan seluruh stakeholders. (*)