EmitenNews.com - Emiten properti grup Sinarmas PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) akan menggelar penawaran tender (tender offer) dalam rangka membeli kembali (buyback) obligasi yang diterbitkan anak usahanya, Global Prime Capital Pte Ltd (GPC).  

 

Direktur BSDE Hermawan Wijaya dalam keterangan resmi Kamis (19/10) mengungkapkan bahwa pada tanggal 19 Oktober 2023, perseroan melalui Global Prime Capital Pte Ltd, entitas anak yang dimiliki sepenuhnya oleh perseroan, meluncurkan rencananya untuk melaksanakan penawaran tender.

 

Tender offer ini dilakukan untuk melaksanakan buyback atas sebagian dan/atau seluruh obligasi senior (senior notes) berdenominasi dolar Amerika Serikat (USD) sebesar USD300 juta, dengan bunga 5,95 persen, dan jatuh tempo pada 2025, tulis Hermawan.

 

Obligasi global tersebut telah diterbitkan Global Prime Capital serta dijamin oleh BSDE dan beberapa entitas anak perusahaan. 

 

Hermawan menjelaskan, tender offer dilaksanakan sebagai bagian dari tanggung jawab manajemen, yang tercermin dalam neraca keuangan Global Prime Capital. 

 

"GPC berencana untuk meneruskan pengaturan neraca keuangan secara aktif dan akan mempertimbangkan lebih lanjut untuk membeli kembali utang senior tersebut, walaupun tidak ada kewajiban untuk itu," ujarnya. 

 

Adapun pelaksanaan tender offer diajukan kepada para pemegang obligasi 2025, yang dimulai hari ini hingga 3 November 2023 pukul 17.00 (Central European Time/Waktu Eropa Tengah), kecuali periode pelaksanaan tender offer diperpanjang, dibuka kembali, diubah, dan/atau diakhir. 

 

Pelaksanaan tender offer diperkirakan akan selesai pada 8 November 2023 mendatang. 

 

Hermawan menambahkan, tender offer ini memberi dampak positif pada neraca keuangan perseroan. Selain itu, tidak akan memberikan dampak negatif terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha perseroan maupun entitas anak.