EmitenNews.com - Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) sudah dimakamkan, Senin (13/6/2022), diiringi doa dan perasaan duka mendalam dari keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sang ibunda, Atalia Praratya mengunggah foto putri mereka, Camillia Laetitia Azzahra (Zara) yang tertidur, sambil memeluk peti Eril dalam mobil jenasah saat menuju pemakaman di Cimaung, Bandung. Itulah pelukan terakhir Zara atas peti mati kakaknya sebelum dimakamkan.


Lewat akun Instagram yang dikutip Selasa (14/6/2022), @ataliapr, Atalia, istri Kang Emil (ibunda Eril dan Zara) merepost unggahan Zara yang merasa sangat kehilangan, dan merindukan kakaknya, Eril: "Ya Allah... Hati Ibu mana yang kuat melihat anak gadisnya merindukan kakaknya."


Yang sangat terpukul atas meninggalnya Eril boleh dibilang Zara. Pasalnya, sang adik itulah yang terakhir bersama Eril sebelum akhirnya Eril hilang ditelan Sungai Aare, Swiss, Kamis (26/5/2022) siang. Eril ketika itu meminta adiknya, dan seorang temannya segera keluar dari sungai, yang ketika itu bersuhu 16 derajat.


Tetapi, malangnya, setelah ikut menyelamatkan adiknya, Eril rupanya kesulitan melawan derasnya arus, sampai akhirnya hilang. Pria 23 tahun itu, baru ditemukan dua pekan kemudian dalam keadaan sudah tidak bernyawa. Jasadnya tersangkut di sebuah bendungan di Bern, Swiss.


Dalam unggahannya Zara mengungkapkan betapa ia merasa sangat kehilangan atas kepergian kakaknya. Zara menyebutkan bahwa menjadi adik Eril adalah sebuah anugerah dari Tuhan. Eril bukan sekadar kakak bagi Zara, tetapi sahabat dan mentor.


"One last hug. Being your sister is the best gift that Allah has given me. Thank you my brother. Thank you my best friend. Thank you my partner. Thank you my mentor. Thank you A Eril. May you rest in love and see you soon????," tulis Zara melalui akun @camilliazr.


Dalam unggahannya Atalia menyebutkan, melihat Zara memeluk peti Eril sepanjang perjalanan menuju pemakaman Cimaung hingga tertidur. "Saya melihat sendiri Zara memeluk aa disepanjang perjalanan menuju ke pemakaman, sampai ia tertidur..???? Ya Allah kuatkanlah teteh Zara...".


Seperti sudah ditulis, Eril ditemani ibundanya Atalia, dan sang adik Zara berada di Swiss mencari perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan tingginya, S2, setelah  menamatkan kuliahnya di ITB. Ridwan Kamil yang saat itu, dalam kunjungan kerja di Inggris segera terbang ke Swiss begitu mendengar insiden itu.


Eril meninggal dunia usai tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis (26/5/2022). Jenasah Eril baru ditemukan pada Rabu (8/6/2022), dua pekan setelahnya. Jasadnya tersangkut di sebuah bendungan, di Bern, Swiss. Ridwan Kamil menggambarkan, jasad anak sulungnya itu, masih utuh, dan keadaan wangi bunga.


Jenazah Eril dipulangkan ke Indonesia, dari Swiss dan tiba di Bandara Soekarno Hatta Jakarta pada Minggu (12/6/2022). Jenazah Eril kemudian dibawa ke Gedung Pakuan Bandung untuk disemayamkan sebelum dikebumikan di Cimaung pada Senin (13/6/2022). ***