EmitenNews.com - Ini janji Bahlil Lahadalia dalam penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu, siap mengawal realisasi megaproyek PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) di Cilegon, Banten. Mantan Ketua Umum Hipmi itu, memastikan proyek tersebut menciptakan efek domino bagi masyarakat sekitar melalui penyerapan tenaga kerja.

 

Dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (12/9/2023), Menteri Bahlil Lahadalia berjanji akan mengawal terus megaproyek pabrik petrokimia terintegrasi itu, dengan baik. Ia memastikan, produk LCI itu nantinya akan dicari oleh negara-negara industri, meski tetap akan mendahulukan kebutuhan dalam negeri agar tidak melulu impor. 

 

“Tentunya hal ini akan menghemat devisa dan berpengaruh positif terhadap ekonomi Indonesia," kata Bahlil Lahadalia yang mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan megaproyek tersebut.

 

Presiden Joko Widodo mengapresiasi perkembangan pembangunan proyek yang telah mencapai 73,4 persen. Terjadi progres yang signifikan, jika melihat realisasinya baru mencapai 38 persen pada Maret 2023. Karena itu, proyek tersebut diharapkan bisa rampung sesuai target.

 

Hasil produksi pabrik diklaim akan mampu mengurangi ketergantungan Indonesia selama ini pada produk petrokimia impor dan dapat meningkatkan roda perekonomian di Tanah Air.

 

President Director PT LCI Yim Donghee berterima kasih atas kunjungan Presiden Jokowi dan dukungan dari Kementerian Investasi/BKPM terhadap keberlangsungan proyek ini. 

 

Pembangunan pabrik petrokimia terintegrasi atau Lotte Chemical Indonesia New Ethylene (LINE) Project, diharapkan rampung sesuai rencana, dan dapat berproduksi sesuai proyeksi pada Maret 2025. ***