EmitenNews.com -  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membahas sejumlah peluang kerja sama investasi saat melakukan kunjungan ke Arab Saudi, salah satunya adalah investasi untuk membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Selain itu, pihaknya juga menjajaki investasi lain seperti energi baru dan terbarukan, lingkungan hidup, dan lain sebagainya.

 

Sebagai informasi, Menko Luhut mengunjungi Riyadh pada 1-2 Maret 2022 dan diterima oleh Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdul Aziz. Kunjungan ini, kata Luhut, sebagai penegasan kembali hubungan bilateral antar kedua negara.

 

“Saya senang kunjungan ke Arab Saudi dapat berjalan dengan lancar. Pangeran Mohammed bin Salman juga menunjukkan sambutan yang sangat baik mengenai peluang investasi di berbagai bidang yang kita bahas,” ujar Luhut dalam keterangan tertulis, Kamis (3/3).

 

Luhut menambahkan, dalam menjajaki peluang investasi di Indonesia, Pemerintah Arab Saudi beberapa waktu ke depan akan melakukan kunjungan balasan ke Indonesia. Menurutnya, hal ini sekaligus menjadi lanjutan dari kerja sama bilateral antara kedua negara.

 

“Putra Mahkota menyampaikan rencananya untuk berkunjung ke Indonesia dan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo, sehingga saya rasa ini menjadi bentuk komitmen yang sangat baik dari beliau untuk membahas lebih lanjut berbagai peluang kerja sama. Selain itu Putra Mahkota juga menyampaikan bahwa bila Indonesia maju, maka Arab Saudi pun harus ikut maju," kata dia.

 

Pada kesempatan ini juga saya bertemu dengan Menteri Investasi Arab Saudi, Khalid Al-Falih dan beberapa CEO perusahaan Arab Saudi guna membahas realisasi sejumlah rencana investasi perusahaan asal Arab Saudi di Indonesia. Ditengah pertemuan saya sampaikan keinginan saya agar potensi investasi dari pihak Kerajaan Arab Saudi dan peluang investasi Indonesia di Arab Saudi bisa berjalan beriringan, kata Dia.

 

Luhut menyebut, Indonesia dan Arab Saudi memiliki perhatian yang sama mengenai isu perubahan iklim yang saat ini sedang dihadapi oleh seluruh negara di dunia. Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan inisiatif untuk mengurangi emisi karbon selama beberapa dekade mendatang dan juga gencar berinvestasi pada green energy.

 

“Ini sekaligus menjadi wujud dari sikap Indonesia yang terbuka dengan peluang investasi dari negara mana saja, selama hal itu membawa manfaat besar untuk bangsa kita. Semoga kesempatan ini jadi langkah yang baik untuk kerja sama Indonesia dan Arab Saudi di berbagai bidang ke depannya,” pungkas Luhut.

 

Adapun pada unggahan laman resmi Instagram Sang Menteri dituliskan. Dalam menjalin hubungan baik dengan siapapun, kesan pertama haruslah dibuat sebaik mungkin. Memang ini bukan kali pertama saya diberi tugas oleh Presiden Jokowi untuk berkunjung ke Arab Saudi, namun ini adalah kali pertama saya diterima dengan begitu hangat oleh Putra Mahkota Kerajaan, Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz atas undangan langsung dari beliau, tulis Luhut.