EmitenNews.com - PT Sumber Mas Konstruksi Tbk. (SMKM) hari ini resmi melakukan Pencatatan Perdana di PT Bursa Efek Indonesia yang merupakan tahapan lanjutan setelah proses Penawaran Umum Perdana Saham SMKM. 

 

Dalam Penawaran Umum Perdana Saham ini, SMKM menunjuk PT Erdikha Elit Sekuritas (Erdikha) sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek. Jumlah saham yang ditawarkan melalui Penawaran Umum ini adalah sebanyak 250.000.000  saham yang mewakili 19,95 persen dari Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh Setelah Penawaran Umum Perdana Saham dengan nilai nominal Rp 100 per saham. 

 

Harga Penawaran Umum Perdana Saham adalah Rp 264 setiap sahamnya. Seluruh saham yang ditawarkan merupakan saham baru yang berasal dari portepel.

 

SMKM bergerak di bidang jasa konstruksi umum dengan sektor infrastruktur. Perseroan bakal bertengger di papan akselerasi Bursa Efek Indonesia yang tercatat sebagai emiten ke 9 di tahun 2022 dan menjadi yang ke 775 di BEI hingga saat ini.

 

Untuk lIsting perdananya pagi ini saham SMKM disambut aksi jual. Walapun pada awal perdagangan sempat menguat ke level Rp292 per saham. Namun, hingga pukul 09:10 WIBB saham SMKM terpantau terkoreksi 9,85 persen atau 26 poin ke level Rp238 per saham dari harga perdana Rp264 per saham.

 

Turunnya harga saham SMKM di awal perdagangan saham pada hari pertamanya disebabkan oleh volume saham yang ditransaksikan sebanyak 56,51 juta lembar saham, nilai transaksi mencapai Rp15,71 miliar dan frekuensi sebanyak 3.211 kali.