EmitenNews.com - PT Metrodata Electronics (MTDL) terus mendorong teknologi digital Indonesia. Salah satunya terus memperbanyak talenta digital dengan mengembangkan potensi talenta digital nasional melalui berbagai program, pelatihan, hingga kompetisi. 


Metrodata melalui anak usaha yaitu PT Mitra Integrasi Informatika (MII) pada divisi Metrodata Academy sebagai mitra resmi Digital Talent Scholarship Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), berhasil melatih technical skill dan soft skill mahasiswa lulusan terbaru melalui program Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (FGA DTS). 


”Melalui program FGA DTS, kami berharap program akan terus berkelanjutan berkolaborasi bersama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia untuk menyiapkan talenta digital yang terampil, dan inovatif di era digital. Sesuai visi dan misi baru Metrodata, kami akan terus menjangkau lebih luas talenta-talenta digital,” tutur Herryanti, Direktur MII. 


Program FGA DTS, merupakan pelatihan peningkatan kompetensi bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai salah satu langkah inovatif Metrodata menjadi pusat ekosistem digital nasional dengan memperbanyak talenta digital. Program itu, untuk mempersiapkan para lulusan memiliki kompetensi profesional sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi era industri 4.0. 


Pada program itu, Metrodata Academy menggandeng tiga mitra resmi, yaitu EC- Council, Oracle, dan Red Hat. Dibutuhkan 600 ribu talenta digital per tahun hingga 2030, Kominfo menarget 100 ribu talenta digital bersertifikasi nasional hingga internasional pada 2021, dan Metrodata Academy turut mensukseskan target Kominfo dengan mencetak lebih dari 850 lulusan baru tersertifikasi pada Oktober 2021. 


Tidak hanya program pelatihan, dukungan lain Metrodata melalui anak usaha yaitu PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) mengadakan kompetisi bergengsi, yaitu Indonesia Edge.AI Challenge 2021 bersama Intel untuk mendukung talenta digital. Kompetisi itu, menyasar perusahaan dan Independent Software Vendor (ISV) sudah menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) dikembangkan dan siap dipasarkan yang dikembangkan dan siap dipasarkan. 


Kompetisi Indonesia Edge.AI Challenge 2021, dapat melahirkan bibit-bibit baru khususnya bidang solusi AI, dan ikut berkontribusi mewujudkan ekonomi digital. Metrodata fokus mencari mitra bisnis/ISV sudah memiliki solusi siap di pasar, terus berinovasi, dan memberi ide-ide baru berdampak dapat mengembangkan pasar, dan percepatan digitalisasi. ”Nilai tambah lain kompetisi itu, menawarkan kontrak kerja sama distribusi atas solusi terbaik mereka,” tambah Lie Heng, Solution Business Director SMI. 


SMI merupakan distributor TIK inovatif dengan lebih dari 5.200 channel partner berpengalaman lebih dari 150 kota seluruh Indonesia. Selanjutnya, Metrodata melalui anak usaha akan terus mendukung percepatan digitalisasi dengan menghadirkan talenta-talenta digital mampu bersaing secara global bersama para mitra. Lalu, sesuai komitmen pada visi dan misi baru Metrodata diharap terus menjadi leading digital economy hub and enabler, digital solution provider, dan inovator teknologi Indonesia. (*)