EmitenNews.com - Penyu memiliki peran sangat penting dalam menjaga ekosistem laut yang menjadi habitat ikan, sumber protein bagi manusia. Untuk menjaga populasi penyu dari kepunahan, dibutuhkan upaya pelestarian melalui kegiatan konservasi. Astra Credit Companies (ACC), grup perusahaan pembiayaan dan layanan pengembangan teknologi informasi, mendukung Konservasi Penyu Saba Asri di Gianyar, Bali.

ACC, grup perusahaan pembiayaan dan layanan pengembangan teknologi informasi, sangat menaruh perhatian pada keberlangsungan ekosistem laut, dengan memberikan dukungan pembinaan dan sarana edukasi. Upaya ini secara simbolis dilakukan oleh Branch Manager ACC Denpasar Ari Wiadnyana dan seluruh pejabat ACC Denpasar dan Renon dengan melepas tukik di Pantai Saba Asri pada 7 Juni 2024.

Dalam rilis yang diterima Selasa (11/6/2024), Branch Manager ACC Denpasar Ari Wiadnyana mengatakan bahwa ACC ikut menjaga keberlangsungan ekosistem laut di Indonesia dengan mendukung aktivitas Konservasi Penyu Saba Asri.

“ACC memiliki 4 pilar kegiatan CSR, salah satunya adalah Pilar Lingkungan. Dukungan pada Konservasi Penyu Saba Asri ini, salah satu kegiatan di Pilar Lingkungan. ACC berharap dapat ikut menjaga ekosistem laut yang sehat dengan kegiatan ini sesuai misi ACC “To Promote Credit for A Better Living,” ujar Ari Wiadnyana.

Dukungan ACC untuk kegiatan pembinaan di Konservasi Penyu Saba Asri dengan memberikan bantuan pakan untuk tukik serta memberikan bantuan sarana edukasi. 

Konservasi Penyu Saba Asri aktif memberikan edukasi kepada masyarakat untuk ikut mendukung kegiatan konservasi penyu. Konservasi Penyu Saba Asri melakukan penangkaran penyu jenis Penyu Lekang. 

Penyu Lekang ini termasuk dalam daftar spesies yang hampir punah. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya menetapkan bahwa penyu di Indonesia adalah hewan yang dilindungi. 

Sustainability For A Better Living

Sustainability saat ini menjadi isu sangat penting. ACC ikut berkontribusi dalam mewujudkan operasional bisnis yang ramah lingkungan. ACC mengemas program keberlanjutan ini dalam tajuk “Sustainability For A Better Living”. 

Terdapat 5 sustainability initiatives yang dilakukan ACC yaitu penurunan gas rumah kaca dan energi terbarukan, optimalisasi penggunaan air tanah, pengolahan limbah padat, keselamatan dan kesehatan kerja karyawan serta community development. ACC Sustainability Initiatives ini mendukung Astra Sustainability Aspirations 2030 yang akan memandu transisi Grup Astra menjadi perusahaan yang lebih sustainable pada 2030 dan seterusnya. (Eko Hilman). ***