EmitenNews.com - Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menyematkan rating idAAA PT Bank Permata (BNLI). Peringkat itu, diberikan dengan outlook stabil. Selain itu, peringkat merefleksikan dukungan sangat kuat dari Induk yaitu Bangkok Bank Public Company Limited (Bangkok Bank).


Profil kredit mencerminkan keuntungan posisi pasar, kapitalisasi sangat kuat, likuiditas, dan keuangan sangat kuat, fleksibilitas, profil kualitas aset di bawah rata-rata, dan profitabilitas. Peringkat dapat diturunkan kalau dukungan induk usaha mengendor.


Peringkat juga dapat diturunkan kalau level jauh lebih lemah dari kemampuan induk usaha dalam memberi dukungan. Bank Permata didirikan pada 1954 dan go public pada 1990. Sejak 2020, Bangkok Bank telah menjadi pemegang saham pengendali, dengan kepemilikan saham 98,7 persen, dan sisanya dipegang masyarakat. 


Pada paruh pertama 2022, Permata Bank memiliki 7.168 karyawan untuk mengirimkan produk, dan layanan kepada nasabah melalui 285 cabang, dan 852 ATM milik sendiri terhubung online ke enam jaringan ATM bersama lebih dari 100 ribu unit. (*)