EmitenNews.com—Demi mewujudkan ekspansi bisnis farmasinya, PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) melalui unit bisnis Erajaya Beauty and Wellness (EBW) telah membuka 4 gerai perdana Apotek Wellings dan berencana membuka 2 gerai lagi.

 

Sebanyak 4 gerai Wellings yang dibuka ERAA berlokasi di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Apotek Wellings Green Ville, Jakarta Barat , Apotek Wellings Citra Garden, Jakarta Barat, dan Apotek Wellings Teluk Gong, Jakarta Utara. Sementara 2 gerai lagi masih dalam tahap persiapan berlokasi di Jatiwaringin dan Greenlake. ERAA menargetkan dapat mengelola lebih dari 200 gerai Apotek Wellings, hingga tahun 2027.

 

Ekspansi pembukaan ritel farmasi ini merupakan bagian dari rencana penambahan 500 gerai Erajaya tahun ini. Hingga kuartal I-2022, ERAA telah memiliki sekitar 1,254 ritel  outlet , 90 titik distribusi, dan sekitar 67 ribu  reseller  di wilayah Indonesia, Malaysia, Singapura.

 

Dengan hadirnya Apotek Wellings, maka semakin memperkuat ekosistem ritel yang dimiliki ERAA. Terutama dalam Erajaya Beauty & Wellness (EBW) yang sebelumnya telah ada The Face Shop yakni perusahaan kosmetik asal Korea Selatan yang telah berjumlah 33 toko di Indonesia, hingga Maret 2022.

 

Dalam keterangan resmi seperti dikutip akhir pekan lalu, CEO Erajaya Group, Budiarto Halim menyebut lewat ekspansi ini ERAA ingin berkontribusi bagi kesehatan masyarakat Indonesia dengan membangun  brand  terpercaya.

 

"Kami berjanji untuk revolusi. Komitmen kami relevan ke komunitas. Saya ingin berterima kasih kepada semua pihak yang telah menjadikan hal ini nyata. Ini hanya sebagian kecil dari perjalanan panjang kami," jelas Budiarto.

 

Budiarto bilang, ERAA juga mulai melihat peluang untuk masuk sektor ritel farmasi karena adanya pandemi, sehingga ingin memanfaatkan portofolio sebagai pengelola ritel terdepan untuk bisa mendistribusikan produk kesehatan ke seluruh Indonesia.

 

Adapun, pada November 2021 ERAA telah membentuk  Joint Venture  (JV) dengan perusahaan asal Malaysia yaitu Caring Pharmacy Retail Management Sdn Bhd (CPRM) sebagai pengelola apotek Wellings. Keandalan Caring Pharmacy dalam bidang kesehatan yang telah mengelola sekitar 210 gerai Apotek Wellings di Malaysia menjadi alasan kuat ERAA ingin membentuk kerja sama strategis.

 

Selain itu, lewat unit bisnis Erajaya Active Lifestyle, ERAA juga telah mengelola  brand  kenamaan lainnya seperti JD Sports, Marshall, Garmin hingga Asics yakni brand sepatu asal Jepang yang baru tergabung dalam ekosistem ERAA sejak 31 Juli 2022.