EmitenNews.com - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) menggandeng BPR Utomo Manunggal Sejahtera untuk menyalurkan pinjaman modal senilai total Rp50 miliar. Dana dari perusahaan finansial teknologi itu, disalurkan ke pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumatera Selatan. Pendanaan dengan pola kredit channeling ini akan menyasar perempuan pengusaha mikro di wilayah Sumatra Selatan, terutama di perdesaan.


"Kami berkolaborasi dengan BPR untuk semakin memperluas akses permodalan bagi UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi di pedesaan," kata Chief Risk & Sustainability Officer Amartha Aria Widyanto di Palembang, Kamis (16/6/2022).


Sepanjang tahun 2021, Amartha telah menyalurkan dana untuk UMKM di Sumatera Selatan mencapai lebih dari Rp200 miliar rupiah dan total dana yang telah disalurkan mencapai lebih dari Rp400 miliar terhitung hingga tahun ini.


Potensi UMKM di Sumatera Selatan juga sangat baik untuk dikembangkan, hingga saat ini Amartha mengelola lebih dari 78 ribu ibu mitra di Sumatera Selatan.


Sejauh ini, Amartha telah menyalurkan modal usaha sebesar lebih dari Rp6,5 triliun kepada lebih dari satu juta perempuan pengusaha mikro di Tanah Air. Amartha terbukti dapat menjaga kualitas pinjaman dengan angka NPL yang stabil di bawah 0,5 persen.


Sementara itu, beroperasi sejak tahun 2011, BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel telah berhasil mencapai prestasi sebagai BPR dengan kinerja keuangan yang mumpuni selama sembilan tahun berturut-turut dari tahun 2012 sampai tahun 2021. ***