EmitenNews.com – PT Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN) menargetkan omzet penjualan tahun 2023 sebesar Rp18 miliar secara keseluruhan. Dalam mencapai target tersebut, KLIN membidik pasar domestik sebagai target utama penjualan tahun ini. Pasar domestik diperkuat melalui kerja sama dengan jaringan distributor KLIN di seluruh Indonesia.

 

Guna memperluas jaringan distributor di pasar domestik, KLIN menambah kerja sama dengan lima distributor yakni CV Maju Jaya Bersama di Samarinda, PT Citra Mandiri Distribusindo di Batam, PT Citra Insan Anugrah di Palembang, PT Indo Harapan Sukses di Manado, dan PT Azis Machmud Putra di Bangka. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan piagam kerja sama pada Rabu, 7 Juni 2023 di Pabrik Klinko, Gresik, Jawa Timur.

 

Kota Batam, Palembang, Samarinda, Manado, dan Bangka menjadi sasaran dalam perluasan distribusi KLIN saat ini, dikarenakan tingginya permintaan dan potensi yang ada di kota tersebut. KLIN membidik ketersebaran produk Klinko merata di modern trade atau ritel modern di kota-kota besar di luar pulau Jawa.

 

Hal ini merupakan langkah awal untuk memperkuat distribusi produk Klinko di luar Pulau Jawa. Langkah selanjutnya adalah memaksimalkan distribusi di pulau Jawa sebagai tujuan utama market Indonesia.

 

KLIN menargetkan seluruh modern trade di masing-masing daerah distributor dapat terdistribusi secara merata, begitupun dengan general trade atau toko kelontong. Ke depannya KLIN juga menargetkan kerja sama dengan outlet modern trade yang berskala nasional, sehingga ketersediaan dan ketersebaran produk Klinko dapat menjangkau sampai ke seluruh wilayah Indonesia.

 

Direktur Utama PT Klinko Karya Imaji Tbk, Anggun Satriya Supanji mengungkapkan bahwa kerja sama KLIN dengan distributor lokal diharapkan dapat memperluas pasar, dan yang terpenting dapat mempermudah customer dalam mendapatkan produk Klinko.

 

“Kerja sama dengan lima distributor ini selain akan memperkuat jaringan dan akses ketersediaan produk juga menunjukkan adanya kepercayaan dari mitra kami kepada produk Klinko. Kami ingin lebih banyak lagi masyarakat di luar pulau Jawa dapat mengenal dan menggunakan produk Klinko yang memiliki kualitas berstandar internasional,”ujar Anggun.

 

Saat ini KLIN bekerja sama dengan total 26 distributor yang tersebar di Sumatera (Medan, Palembang, Batam, Bengkulu, Lampung, Padang, Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau), Kalimantan Timur (Samarinda), Sulawesi (Manado, Palu, Makassar), Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.

 

Selama ini Kota Batam, Palembang, Samarinda, Manado, dan Bangka yang kembali disasar KLIN tersebut, memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap total penjualan domestik. Kota Samarinda memberikan konstribusi sebesar 12%, Batam sebesar 8%, Palembang sebesar 7,5%, Manado sebesar 4%, dan Bangka sebesar 3,5%. Selanjutnya KLIN akan menargetkan wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah sebagai jalur distribusi produk Klinko.