EmitenNews.com - PT Indika Energy (INDY) memfasilitasi transaksi lintas anak usaha senilai Rp794,85 miliar setara dengan USD1 juta. Caranya, anak usaha perseroan yaitu Indika Capital Pte. Ltd (ICPL) memberi pinjaman kepada PT Empat Mitra Indika Tenaga Surya (EMITS).


Lalu, dana suntikan dari Indika Capital itu, oleh Empat Mitra dipinjamkan kepada PT Tripatra Multi Energi (TIME) Rp36,28 miliar. Nah, oleh Tripatra, dana hasil pinjaman itu untuk partisipasi dalam proyek PT Indo Tenaga Hijau (ITH). 


Fasilitas yang didapat Empat Mitra dari Indika Capital hanya akan digunakan untuk kegiatan usaha yang disetujui dalam rencana tahunan, dan anggaran penerima fasilitas pada tahun tersebut. 


Fasilitas Indika Capital itu, akan dibayarkan kembali oleh Empat Mitra dalam tempo 2 tahun. Empat Mitra dan Indika Capital setuju dan mengakui fasilitas tersebut dapat dibayarkan kembali lebih awal sebagian dan/atau diganti sebagian dan/atau seluruhnya dan/atau ditukar dengan suatu fasilitas pihak ketiga yang telah tersedia bagi Empat Mitra.


Fasilitas dari Indika Capital kepada Empat Mitra senilai USD1 juta bertenor 2 tahun dengan bunga 4,8 persen per tahun dan denda keterlambatan 2 persen. Dana tersebut untuk pembiayaan proyek yang telah disetujui dalam anggaran tahunan.


Lalu, fasilitas Empat Mitra kepada Tripatra senilai Rp36,28 miliar berdurasi 15 tahun. Pinjaman itu dibekali bunga 6,95 persen dengan denda keterlambatan 2 persen. Alokasi penggunaan dana untuk pembiayaan proyek ITH. (*)