EmitenNews.com - PT Vastland Indonesia Tbk (VAST) hari ini 01 Februari hingga 06 Februari 2023 menggelar penawaran umum perdana dalam  initial public offering alias IPO pada harga Rp108 per saham.

 

Dalam prospektus  e-ipo hari ini Senin (16/1) disebutkan, emiten properti logistik atau pergudangan tersebut menawarkan sebanyak 650 juta Saham atau sebanyak 21,27% (dua puluh satu koma dua tujuh persen) dari modal ditempatkan dan disetor penuh dengan nilai nominal Rp50 setiap saham. Sehingga dana yang diraup dari ipo ini senilai Rp70,2 miliar.

 

Selain saham, perseroan juga menerbitkan maksimum sebanyak 130 juta waran seri I yang melekat dalam saham baru perseroan tersebut. Jumlah waran sebanyak-banyaknya 5,40% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh.

 

Waran seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru. Setiap pemegang 1 saham baru perseroan berhak memperoleh 1 waran seri I dengan harga pelaksanaan Rp338 per saham. Dari penerbitan waran ini VAST mendapat dana tambahan sebesar Rp43,94 miliar.

 

Dalam perhelatan ini, VAST akan dibantu oleh Erdikha Elit Sekuritas yang bertindak sebagai penjamin pelaksanan emisi efek.

 

Perseroan merincikan bahwa dana hasil IPO, sebesar Rp 33,05 miliar akan digunakan untuk pembelian aset berupa bidang-bidang tanah dan bangunan. Selain itu, sebesar Rp 16 miliar akan digunakan untuk melunasi seluruh pinjaman berelasi kepada PT Bhinneka Kreasi Perdana.

 

Sisanya akan digunakan untuk modal kerja, yang digunakan untuk biaya operasional perseroan serta untuk membayar biaya-biaya yang timbul atas transaksi jual beli tanah dan bangunan, termasuk dan tidak terbatas pada BPHTB, notaris, serta biaya terkait lainnya. Sementara, dana yang akan diperoleh dari hasil pelaksanaan waran seri I seluruhnya akan digunakan perseroan untuk modal kerja.