BRI juga berhasil mendorong penyaluran kredit tumbuh 12,53% yoy menjadi Rp1.250,72 triliun. Seluruh segmen kredit BRI tercatat tumbuh positif. Khusus penyaluran kredit UMKM juga tercatat tumbuh 11,01% dari semula Rp935,86 triliun di akhir Kuartal III-2022 menjadi Rp1.038,90 triliun di akhir Kuartal III-2023. Dengan begitu porsi kredit UMKM BRI terhadap total kredit mencapai 83,06%.

 

Berkaitan dengan core bisnisnya yakni UMKM, BRI juga mendulang prestasi, seperti belum lama ini, Bank Indonesia (BI) memberikan tiga predikat award kepada BRI. Berkat dedikasi dan komitmen dalam mendorong inklusi dan literasi keuangan Indonesia, tiga penghargaan diterima: BRI sebagai Bank Pendukung Pembiayaan Inklusif Terbaik, Bank Pendukung Keuangan Hijau Terbaik, dan Bank Konvensional Pendukung pengendalian Moneter Valas Terbaik.

 

Kemudian sebagai bagian dari bukti nyata concern BRI di bidang Environmental, Social dan Governance (ESG), sebagai contoh diapresiasi oleh FinanceAsia’s di acara 23rd Best Companies in Asia Poll, yakni BRI sebagai Best Corporate ESG Strategy (Gold), serta Asia Sustainability Reporting Rating (ASSRAT) 2023: Platinum Rank - Sustainability Report 2022 of PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Euromoney Banking Rangkings: BRI sebagai Notable di Bidang ESG

 

Komitmen BRI dalam mengimplementasikan ESG tersebut ditunjukkan dengan terus meningkatnya score BRI pada Sustainability Yearbook Member S&P Global Corporate Sustainability Assessment (CSA), dari score 46 di tahun 2020 menjadi 52 (2021) dan 63 (2022), dari skala 1-100.

 

Pencapaian kinerja terbaik tersebut tak terlepas dari kontribusi Insan BRILiaN (pekerja BRI) dari segi kemampuan untuk mendukung kinerja perseroan. Ciamiknya, bakat potensial dan concern yang diberikan oleh BRI untuk pekerjanya, juga diapresiasi melalui penghargaan di bidang human capital.

 

Tercatat BRI memenangkan HR Asia Best Companies to Work For in Asia 2023 and HR Asia Diversity, Equity & Inclusion Award 2023. Penghargaan tersebut diberikan untuk BRI sebagai wujud terhadap komitmennya dalam mengembangkan para karyawan. Diberikan oleh Business Media International yakni HR Asia, lembaga media publikasi internasional untuk para profesional di bidang human resources.

 

Penghargaan khusus DEI pengakuan atas komitmen teguh BRI

Sementara itu, penghargaan khusus DEI memberikan pengakuan atas komitmen teguh BRI untuk mengembangkan lingkungan yang saling menghargai dan menghormati. Di BRI sendiri, prinsip diversity, equity & inclusion sudah lama diterapkan. Hal ini sesuai dengan tujuan perseroan untuk melayani nasabah di seluruh pelosok negeri dari berbagai kalangan.

 

Kemudian belum lama ini, BRI juga meraih The Winner of Best Workplace (Top of Mind) Survey 2023 by Korn Ferry Indonesia & SWA, LinkedIn Top Companies 2023 in Indonesia, serta Brandon Hall Group yang memberikan sebelas penghargaan, salah satunya HCM Excellence Award 2023: Best New Hire Onboarding Program (Gold Award).