EmitenNews.com - Armada Berjaya Trans (JAYA) menginjeksi modal anak usaha Rp13,75 miliar. Itu penting untuk menutupi kebutuhan modal, mendongkrak kinerja, dan performa entitas usaha. Transaksi afiliasi itu diteken dengan Aman Bae Sentosa (ABS).


Eksekusi transaksi afiliasi itu, diharap ABS sebagai kepanjangan tangan perseroan dapat memaksimalkan kinerja usaha. Dengan begitu, diharap dapat berkontribusi, dan memberi nilai tambah bagi perseroan sebagai pemegang saham ABS. 


”Transaksi afiliasi berupa penguatan modal ABS tersebut telah dilakukan pada Rabu, 12 Juli 2023. Tindakan itu dilakukan untuk menggenjot kinerja, dan memaksimalkan peluang usaha ABS,” tulis Darmawan Suryadi SM Direktur Utama Armada Berjaya Trans. 


Suntikan modal itu dilakukan perseroan dengan mengonversi sebagian dari pinjaman menjadi setoran modal kepada ABS. Dengan transaksi itu, ada peningkatan modal ditempatkan, dan modal disetor menjadi Rp25 miliar dari sebelum transaksi hanya Rp11,24 miliar. Perseroan mengempit 249.990.990 lembar alias Rp24,99 miliar. 


Perseroan merupakan pemegang saham ABS sebesar 99,99 persen dari modal disetor ABS. ”Transaksi afiliasi itu, tidak mengandung benturan kepentingan. Di mana, transaksi afiliasi itu dikecualikan berdasar Pasal 6 ayat 1 huruf b POJK 42/2020, di mana 99,99 persen dari modal disetor ABS dimiliki perseroan,” tegas Darmawan. (*)