EmitenNews.com - GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) memborong sepeda motor listrik senilai Rp23,61 miliar. Itu dilakukan perseroan melalui PT Energi Kreasi Bangsa (EKB). Aset sepeda motor listrik itu dibeli dari PT Rekan Anak Bangsa (RAB).


Transaksi jual beli aset sepeda motor listrik beserta perlengkapan baterai, dan merek dagang dari RAB kepada EKB dilakukan dengan mempertimbangkan pengembangan arah usaha masing-masing perseroan. RAB (sebagai perusahaan terkendali perseroan) dan EKB (sebagai afiliasi dari perseroan).


Di mana, pengelolaan dan perdagangan aset sepeda motor listrik serta perlengkapan baterai dan merek dagang tersebut lebih optimal jika dikelola EKB dalam menjalankan, dan mengembangkan kegiatan usaha. Dengan keuntungan diperoleh EKB di masa mendatang, perseroan berharap akan memperoleh manfaat secara tidak langsung. 


Di antaranya portfolio baik dari EKB melalui perolehan dividen yang diterima perseroan di masa mendatang. Itu mengingat perseroan, juga secara tidak langsung, melalui RAB, memiliki 38.875 saham pada EKB atau mewakili 50 persen dari total modal ditempatkan dan disetor EKB. So, secara tidak langsung juga akan memberikan keuntungan lebih atas investasi. (*)