EmitenNews.com - Ini wujud dukungan terhadap transformasi industri 4.0. PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), sebagai anak perusahaan BUMN Pupuk Indonesia,  mengusung inovasi Smart Production dalam ajang Hannover Messe 2023.

 

"Smart Production merupakan digital platform yang mengintegrasikan berbagai data dan informasi, untuk meningkatkan performa operasi pabrik melalui beberapa aplikasi yang dibangun secara in-house," ujar Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim, Hanggara Patrianta dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (4/5/2023).

 

Hanggara menambahkan hal ini menjadi bagian tak terpisahkan dalam transformasi industri 4.0 di Pupuk Kaltim, dimana Smart Production salah satu aspek utama dalam mendorong kinerja optimal, mulai dari meningkatkan keandalan pabrik, produktivitas hingga efisiensi konsumsi energi dan bahan baku.

 

"Smart Production di Pupuk Kaltim telah dibangun melalui berbagai aplikasi pendukung, hingga pengembangan yang dirancang saling terintegrasi satu sama lain untuk meningkatkan manfaat sekaligus efisiensi guna menghindari redundansi data," kata  Hanggara Patrianta. ***