EmitenNews.com - Menyusul peluncuran Mekanisme Transisi Energi (ETM) pada Presidensi G20 Indonesia 2022 lalu, Indonesia bekerja sama dengan Asian Development Bank (ADB) saat ini melakukan uji coba pemensiunan dini salah satu pembangkit listrik tenaga batu bara sebesar 660 megawatt.


“Saat bertemu Presiden ADB, Masatsugu Asakawa, kemarin kami membahas kelanjutan kerja sama proyek tersebut. Dengan dukungan kuat dari ADB, saya optimis kerja sama ini dapat dijadikan contoh di level global bagaimana transisi energi dilakukan secara konkret,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati di Washington D.C, Rabu (17/4) waktu setempat.


Menkeu menegaskan bahwa kerja sama ini juga menjadi bukti bahwa transisi energi tidak bisa dilakukan oleh suatu negara secara sendiri. Keterlibatan peranan Multilateral Development Bank (MDB) dan sektor swasta sangat diperlukan.


“Saya sampaikan terima kasih atas seluruh dukungan dan kerja sama dari ADB kepada Indonesia selama ini. Semoga kerja sama dapat terus terjalin semakin kuat, khususnya dalam melanjutkan agenda transisi energi,” tukas Menkeu.(*)