EmitenNews.com - Indonesia pasar otomotif potensial. Jangan heran kalau Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) siap kembali menemui penggemar otomotif. Tahun ini, pameran otomotif di Tanah Air itu, digelar pada 18-28 Juli 2024. GIIAS 2024 diklaim bakal jadi gelaran terbesar dan terlengkap, yang hadir satu bulan lebih awal dari biasanya. GIIAS 2024 bakal menghadirkan puluhan merek kendaraan.

Dalam keterangannya yang dikutip Selasa (7/5/2024), Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, mengatakan, pasar kendaraan di Indonesia masih sangat potensial dan menarik bagi produsen kendaraan bermotor dunia. Karena itu, semakin banyak merek kendaraan bermotor yang berusaha membangun pasarnya di Indonesia. 

”Indonesia salah satu pusat ekonomi besar di Asia Tenggara, dengan kaum muda mendominasi mayoritas dari 275 juta penduduknya, Indonesia menjadi pasar mobil yang sangat potensial dan dinamis,” ujar Yohannes Nangoi.

Dengan posisi seperti itu, Indonesia sangat menarik bagi para produsen kendaraan bermotor global untuk membangun industrinya di dalam negeri. Hal ini dapat dilihat dari realisasi nilai investasi industri otomotif Indonesia yang terus meningkat dengan masuknya merek-merek kendaraan baru. 

Produsen mobil global khususnya dari China terus membidik pasar Indonesia. Yohannes Nangoi mencatat, para produsen bersemangat berinvestasi guna membangun pabrik dan infrastrukturnya di Tanah Air. 

“Bagi Gaikindo hal ini tentu menjadi hal yang sangat positif bagi perkembangan industri otomotif Indonesia,” katanya.

Seluruh peserta GIIAS 2024 akan memenuhi total 11 area hall ICE BSD-City Kab. Tangerang, dengan penambahan satu hall baru, seluas 12.000 meter per segi. Kabarnya total peserta pameran mencapai total 50 merek kendaraan penumpang, kendaraan komersial, sepeda motor, dan ratusan merek industri pendukung. 

Merek-merek kendaraan bermotor yang memastikan kehadiran meliputi Audi, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jetour, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, dan MINI. 

Lanjut, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks.

Ada juga tiga merek Karoseri yang bakal hadir pada GIIAS 2024, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. 

Termasuk 16 merek Sepeda Motor juga akan hadir di GIIAS 2024, Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Exotic, Harley Davidson, Ion Mobility, Italjet, Kupprum, Moto Guzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, dan Vespa. 

Tidak ketinggalan ratusan merek peserta dari industri pendukung lainnya yang juga telah memastikan kesiapannya dalam penyelenggaraan GIIAS tahun ini. ***