EmitenNews.com - Jasa Marga (JSMR) menyuntik modal Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO) senilai Rp13,42 miliar. Setoran non tunai alias inbreng itu, telah dituntaskan pada 7 Agustus 2023. Inbreng itu berupa aset Jasamarga Tollroad Command Center (JTCC). 


Transaksi afiliasi tersebut dilakukan sebagai pemenuhan penyetoran modal Jasa Marga kepada JMTO. Selain itu, tindakan tersebut juga untuk memberikan peluang bisnis baru, dan nilai tambah bagi JMTO di masa mendatang.


Berdasar Pasal 1 huruf d jo Pasal 6 ayat 1 POJK 42/2020, memenuhi kriteria transaksi afiliasi dikecualikan dari kewajiban melakukan prosedur sebagaimana dimaksud Pasal 3, dan tidak wajib memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud Pasal 4 ayat (1) POJK 42/2020.


Oleh karena transaksi afiliasi berupa penyetoran modal terhadap JMTO dilakukan oleh Jasa Marga selaku pemilik 99,98 persen saham JMTO. Dengan begitu, Jasa Marga merupakan pengendali langsung JMTO. ”Peningkatan setoran modal secara inbreng Jasa Marga kepada Jasamarga Tollroad Operator telah dilakukan pada 7 Agustus 2023,” tulis Nixon Sitorus, Corporate Secretary & CAO, Jasa Marga. (*)