EmitenNews.com -PT Black Diamond Resources Tbk (COAL) telah penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham yang dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2023, Rapat Umum Pemegang Saham dihadiri oleh pemegang saham yang mewakili 3.850.936.400 saham atau 61,61% dari seluruh saham dengan hak suara yang sah yang telah dikeluarkan oleh Perseroan.


Merujuk risalah RUPS yang disampaikan kepada BEI, dan Dikutip Senin (19/6/2023). Disebutkan, menyetujui Laporan Tahunan yang disampaikan Direksi mengenai keadaan dan jalannya Perseroan selama Tahun Buku 2022 (termasuk Laporan Pelaksanaan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris selama Tahun Buku 2022).


RUPS juga menyetujui menetapkan Laba Bersih Perseroan untuk tahun buku 2022, adalah sebesar Rp90.946.587.003,- digunakan sebagai berikut: Sebesar Rp. 100 juta digunakan sebagai cicilan untuk dana cadangan Perseroan dan sisanya akan digunakan sebagai laba ditahan Perseroan. Dengan begitu perseroan tidak memberikan dividen untuk tahun 2022.


RUPSLB juga menyetujui perubahan susunan Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan, terhitung sejak ditutupnya Rapat ini sampai dengan ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang diselenggarakan pada tahun 2026, dengan susunan terlampir. 


Menyetujui untuk memberi kuasa dan wewenang kepada Direksi Perseroan untuk menyatakan dalam akta tersendiri sehubungan dengan perubahan Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan, termasuk mengurus pemberitahuan perubahan data Perseroan di instansi yang berwenang, sesuai peraturan perundangan yang berlaku.


Dengan begitu, jajaran Komisaris COAL saat ini adalah Arie Rinaldi Komisaris Utama dan Alycius Hendry Komisaris.


Untuk top level di Direksi dengan masa jabatan hingga 21 Desember 2026 ini ada Direktur Utama Donny Janson Manua, Direksi ada Edward Manurung, Muhammad Noval Zindann dan Yogi Adrian.


Sedangkan pada paparan kinerja, perseroan saat ini tengah fokus meningkatkan produksi batubara secara signifikan, efisiensi fuel, penggunaan alat berat yang tepat, dengan harapan harga batubara tetap stabil.


Sedangkan untuk nilai kalori jenis coal  dari perseroan adalah thermal coal dengan GAR 5500, sulfur<1, dan ash 13. Selama ini, tidak ada coking properties. Yang pasti kami akan meningkatkan kapasitas produksi sebesar 50 persen dibandingkan produksi dengan kapasitas produksi 2023.


Adapun luas konsesi lahan tambang milik PT Black Diamond  Resources Tbk (COAL) adalah 4.880 hektar dengan daya sebanyak 62 juta ton.