EmitenNews.com - Entitas Sido Muncul (SIDO) mengeksekusi transaksi afiliasi senilai Rp12,77 miliar. Yaitu, berupa transaksi jual beli stillage alias limbah cair dari proses pemurnian bioetanol (evaporasi). Transaksi tersebut telah diteken pada 12 februari 2024.

Transaksi itu melibatkan Semarang Herbal Indo Plant (SHIP), dan Sido Muncul Pupuk Nusantara (SMPN). Durasi perjanjian sepanjang SHIP memproduksi limbah stillage. Transaksi tersebut masuk ranah dalam wilayah afiliasi. 

SHIP merupakan anak usaha emiten besutan Irwan Hidayat tersebut dengan porsi kepemilikan saham 99,99 persen. Sedang SMPN merupakan perusahaan yang dikuas? pihak sama, dan menjabat sebagai pengurus dalam SHIP. SHIP bergerak bidang industri ekstraksi jamu dan herbal. 

Di mana, dalam proses produksi menghasilkan stillage tidak terpakai atau limbah alias wate. ”Nah, dengan pembelian stillage tersebut oleh SMPN, akan menguntungkan bagi perusahaan, dan tidak perlu membuang limbah,” tutur David Hidayat, Direktur Utama Sido Muncul. 

Sedang SMPN, bergerak bidang industri pupuk. Di mana, dalam proses produksi, butuh stillage sebagai bahan untuk memproduksi pupuk. Stillage SHIP itu, sesuai spesifikasi bahan baku kebutuhan SMPN dengan harga sesuai. Selain itu, lokasi pabrik cukup berdekatan, dan mempermudah proses pengangkutan. (*)