EmitenNews.com - Presiden Joko Widodo bakal meresmikan Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada 18 Agustus 2023. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan hal itu sekaligus sebagai kado HUT Ke-78 Republik Indonesia.

 

Usai meninjau Stasiun Halim, Jakarta Timur, saat melihat Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Jumat (31/3/2023), Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, nantinya penumpang yang dengan Kereta Api Cepat Jakarta Bandung transit ke LRT Stasiun Dukuh Atas. “Di Dukuh Atas, ini nanti juga bisa transit dari LRT ke bus TransJakarta."

 

Sebelumnya, Luhut mencoba integrasi antara KCJB dan LRT Jabodebek. Usai menghadiri peresmian penyelesaian pemasangan rel KCJB di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Luhut kemudian mencoba LRT Jabodebek menuju Stasiun Dukuh Atas.

 

"Jadi, ekosistem yang dimau oleh presiden itu, kita harapkan nanti pada 18 Agustus 2023 diresmikan oleh presiden," ucap Luhut.

 

Menurut Luhut, dengan adanya KCJB dan LRT Jabodebek, ekosistem transportasi yang diharapkan oleh presiden dapat terwujud. Nantinya, penumpang KCJB bisa langsung menuju Dukuh Atas atau Bekasi menggunakan LRT Jabodebek melalui stasiun yang telah terintegrasi.

 

"Dengan terintegrasi, cost akan lebih murah, perjalanan lebih cepat, dan membuat semua menjadi lebih efisien," ujar Luhut Binsar Pandjaitan. ***