EmitenNews.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan pernyataan efektif penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) PT Champ Resto Indonesia Tbk pada tanggal 28 Januari 2022.


Selanjutnya, calon emiten rumah makan itu akan mulai melakukan penawaran umum sebanyak 433.333.400 lembar saham atau setara 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dengan harga Rp850 per lembar pada tanggal 2 hingga 4 Februari 2022.


Hal itu terungkap dalam pengumuman pendaftaran penitipan efek kolektif pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Senin (31/1/2022).


Sementara itu dalam prospektus terbaru Cham Resto menyebutkan dari total saham yang ditawarkan itu terdiri dari saham baru dan saham lama.


Rincinya, sebanyak 166.666.800 lembar merupakan saham biasa baru. Dari pelepasan saham baru ini perseroan akan meraup dana Rp141,66 miliar.


Sedangkan sisanya, sebanyak 66.666.600 lembar merupakn saham biasa milik Barokah Melayu Foods Pte. Ltd. Atau saham divestasi. Dari Dengan divestasi itu, Barokah Melayu Food akan meraup dana Rp266,6 miliar.


Rencananya, 28 persen dana hasil penjualan saham baru akan digunakan untu membayar sebagian utang kepada PT Bank CIMB Niaga Tbk (IDX: BNGA).


Selebihnya, sebesar 28 persen dari penjualan saham baru juga untuk membayar utang kepada pemegang saham perseroan, yakni Barokah Melayu Food.


Sisanya untuk belanja modal, dengan rincian 9 persen untuk perbaikan gerai baru. 6 persen untuk perbaikan gerai gerai lama, 4 persen untuk meningkatkan dapur utama.


Adapun, 25 persen dana hasil penjualan saham baru dialokasikan untuk mendukung kegiatan usaha, termasuk namun tidak terbatas pada pembelian bahan baku, gaji karyawan, dan biaya – biaya lain.