EmitenNews.com - Setelah sebelumnya menjalin kerjasama dengan KB Valbury Sekuritas dan Valbury Capital Management, PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) kembali menjalin sinergi dengan perusahaan terafiliasi KB Financial Group lainnya. Kali ini mereka menjajaki bisnis pembiayaan otomotif melalui sinergi dengan PT Sunindo Kookmin Best Finance (SKBF).


Penandatanganan kerjasama pembiayaan otomotif melalui program Autoloan dilakukan di Kantor Cabang KB Bukopin di Menara Skyline, Thamrin, Jakarta. Dari Bank KB Bukopin hadir Wakil Direktur Utama Perseroan, Robby Mondong, Consumer Product Division Head, Zico Hernawan, Sales Distribution Division Head, Iman Hurustyadi, dan Regional Business Head 1, I Gusti Ayu N. Rai.

Sedangkan dari PT Sunindo Kookmin Best Finance hadir Chief Marketing Officer, Jhonly Runtu, dan perwakilan dari Hyundai yaitu Yosfihandri Kasim selaku Operasional Manager PT. Sun Mega Motor (Dealer Hyundai Jakarta).


Robby Mondong menyampaikan bahwa kerjasama Joint Financing antara KB Bukopin dengan Sunindo Kookmin Best Finance membuka peluang untuk meningkatkan penjualan mobil Hyundai. "Selain itu memberikan alternatif pembiayaan kendaraan bermotor kepada masyarakat Indonesia dengan skema yang lebih menarik, biaya kredit kompetitif dan transparan, serta proses kredit yang cepat,” katanya.


Sebelumnya Bank KB Bukopin telah menjalin kerjasama dengan Hyundai Motor Indonesia pada Q1 2022 melalui pembiayaan purchase order unit kendaraan ke ATPM Hyundai Indonesia. Saat ini, Hyundai merupakan pionir mobil listrik yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia dengan kehadiran Hyundai Kona dan Hyundai Ioniq 5.


Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), model mobil Battery Electric Vehicle (BEV) Hyundai mendominasi penjualan ritel kendaraan listrik dengan pangsa pasar 87,3%. Di mana Hyundai Ioniq 5 yang baru dipasarkan di IIMS 2022, membukukan pemesanan 1.700 unit.


Robby Mondong menambahkan, melalui program autoloan KB Bukopin dan SKBF dapat menjangkau berbagai macam segmen new-customer yang berasal dari customer based kedua belah pihak. KB Bukopin juga berharap dapat meningkatkan portofolio consumer loan dengan karakter secure loan.(fj)