EmitenNews.com - PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk.(GOOD) melalukan transaksi afiliasi berupa pinjaman dana kepada PT. Hormel Garudafood Jaya (HGJ) pada tanggal 1 Mei 2023.

 

Robert Chandrakelana Direktur GOOD dalam keterangan resmi (3/5) menuturkan bahwa GOOD memberikan pinjaman dana kepada HGJ sebesar Rp29,1 miliar atau setara dengan USD1,96 juta dengan suku bunga JIBOR 12 bulan +2,5 per tahun.

 

Bunga pinjaman akan dibayarkan oleh HGJ setiap tahun pada akhir periode bunga yaitu tanggal 27 Desember 2023 dan jumlah pokok akan dilunasi mulai tanggal 5 Januari 2026 sampai dengan 5 Januari 2029 dengan tanggal penarikan pinjaman pada 1 Mei 2023

 

"Pemberian pinjaman ini dalam rangka mendapatkan sumber pembiayaan pengembangan pabrik produk baru (snack) HGJ sehingga HGJ berencana meminjam dana dari para pemegang sahamnya yaitu PT GPPJ dan Hormel Foods Asia pacific Pte Ltd ,"tuturnya.

 

Sebagai informasi, GOOD memiliki sebanyak 49% saham PT HGJ dan ada kesamaan pengurus dimana Paulus Tedjosutikno sebagai Direktur utama HGJ juga sebagai sebagai Direktur GOOD dan Hardianto Atmadja sebagai Direktur utama GOOD juga merupakan Komisaris utama di HGJ sehingga transaksi ini adalah transaksi afiliasi sesuai regulasi OJK dalam POJK no 42/POJK.04/2020.

 

Pertimbangan dilakukannya transaksi adalah GOOD akan mendapatkan pendapatan bunga pinjaman dengan suku bunga yang disepakati para pihak disamping pengembalian pokok pinjaman sesuai jadwal yang telah disepakati.

 

Chandra menambahkan pengembangan pabrik yang dilakukan HGJ akan meningkatkan produksi dan pendapatan bersih yang pada akhirnya memberikan keuntungan bagi GOOD sebagai pemegang saham HGJ berupa penerimaan dividen yang lebih besar serta tidak berpotensi terganggunya kelangsungan usaha GOOD.

 

-