EmitenNews.com - Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) terus berupaya mengembangkan UMKM di Indonesia agar naik kelas, mandiri dan dapat bersaing, baik di pasar nasional maupun global. Dengan begitu bisa berdampak pada peningkatan ekonomi UMKM yang juga turut menciptakan lapangan pekerjaan. Ini sejalan dengan Sustainabiliy Development Goals (SDGs). Salah satunya pada goal no. 8, yaitu mempersiapkan pekerjaan layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi.


Bertepatan dengan Hari Pahlawan, Rabu (10/11/2021), YDBA meresmikan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) di Banyuwangi, Jawa Timur, memperluas program pembinaan UMKM. LPB, cabang YDBA, yang berperan dalam peningkatan capacity building melalui berbagai program pembinaan, seperti pelatihan dan pendampingan komprehensif agar UMKM semakin mudah menghasilkan produk berkualitas, cost dan delivery (QCD) serta memperluas pasar baik offline maupun online.


Hadir dalam peresmian yang diselenggarakan hybrid tersebut, yaitu Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, Samsul Widodo; Bupati Banyuwangi diwakili  Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, H. Arif Setiawan. Lainnya Head of Environment and Social Responsibility Division PT Astra International Tbk, Diah Suran Febrianti; Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang, Setya Budhi Udrayana; Direktur Operasional PT Nusa Tropical Indonesia, Pekik Warnendya; Ketua Pengurus YDBA Sigit P. Kumala dan beberapa perwakilan UMKM YDBA. (Eko Hilman) ***