Tetap terjaganya optimisme konsumen di Bali ditopang oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tercatat berada pada area optimis, yakni masing-masing sebesar 135,7 dan 146,5.

 

Kondisi IKE tersebut dipengaruhi oleh beberapa komponen pembentuk IKE. Di antaranya, penghasilan saat ini dibandingkan enam bulan yang lalu tercatat 138,0, ketersediaan lapangan kerja saat ini dibandingkan enam bulan yang lalu tercatat sebesar 148,0.

 

Konsumsi barang-barang kebutuhan tahan lama saat ini dibandingkan enam bulan lalu sebesar 121,0. Kondisi IKE Bali tersebut sejalan dengan kondisi IKE Nasional yang berada pada kondisi optimis sebesar 113,6 (indeks > 100).

 

Ekspektasi konsumen Provinsi Bali terhadap kondisi ekonomi ke depan berada pada kondisi optimis dengan indeks sebesar 146,5 di bulan Desember 2023.

 

Optimisnya kinerja IEK di Provinsi Bali saat ini dipengaruhi oleh beberapa komponen pembentuk IEK yang tetap terjaga pada area optimistis. Yaitu indeks ekspektasi kegiatan usaha enam bulan mendatang sebesar 155,0, indeks ekspektasi penghasilan enam bulan mendatang sebesar 134,5.

 

Selain itu indeks ekspektasi ketersediaan lapangan kerja pada enam bulan mendatang sebesar 150,0.

 

Erwin menyebutkan, kondisi IEK Bali sejalan dengan kondisi IEK Nasional yang juga tetap terjaga pada area optimis sebesar 133,9 pada periode yang sama. ***