EmitenNews.com - TBS Energi Utama (TOBA) mengucuri anak usaha senilai Rp19,06 miliar. Dana taktis tersebut disuntikkan kepada PT Toba Bumi Energi (TBUE). Itu penting untuk menggenjot performa TBUE.


Toba Bumi melakukan peningkatan modal Rp19,06 miliar. Hal itu dilakukan dengan cara mengeluarkan saham baru dalam portepel sejumlah 3.812 lembar dengan bernilai nominal Rp5 juta. ”Seluruh saham baru itu diserok perseroan,” tulis Alvin Sunanda, Direktur TBS Energi Utama.


Transaksi itu, masuk afiliasi karena perseroan memiliki 99,99 persen saham Toba Bumi. Tujuan transaksi afiliasi itu, untuk mendukung keuangan Toba Bumi guna melaksanakan rencana bisnis sampai bisa menghasilkan pendapatan sendiri. 


Selain itu, alasan lan transaksi, saat ini belum ada alternatif lain untuk melakukan transaksi dengan pihak lain, selain dengan pemegang saham untuk mencapai tujuan bisnis Toba Bumi.  Toba Bumi bergerak bidang pertambangan batu bara. Berdiri pada 2007, dan berdomisili di Kalimantan Timur. 


Sebelumnya, perseroan juga memperkuat modal Energi Baru TBS (EBT) Rp125,241 miliar. Itu dengan menyerok 125.241 saham baru senilai Rp1 juta per lembar. Jadi, total menjadi 270.602 lembar atau senilai Rp270,602 miliar. (*)