EmitenNews.com - Keren ini. Untuk keempat kalinya Bandara Sepinggan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur meraih penghargaan sebagai bandara terbaik di Asia Pasifik. Penghargaan Airport Service Quality (ASG) Award 2020, yang diterima pada Kamis (9/9/2021) itu, dalam hal pelayanan kategori kapasitas 5 juta-15 juta penumpang per tahun. Total peserta 348 bandara di seluruh dunia, terbagi enam wilayah: Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, Timur Tengah, Afrika dan Asia Pasifik.


"Penghargaan Airport Service Quality (ASQ) Award 2020 dan diberikan oleh Airports Council International (ACI)," urai General Manager PT Angkasa Pura I Sepinggan, Barata Singgih Riwahono, seperti dikutip dari Antara, Minggu (12/9/2021).


ACI menobatkan Bandara Sepinggan sebagai bandara terbaik dalam acara virtual yang digelar di markasnya di Montreal, Kanada. Penilaian didasarkan pada hasil survei pelayanan di bandara yang digelar ACI secara diam-diam. Yang disurvei adalah seluruh bandara di dunia sesuai kategori masing-masing.


Yang disurvei mencakup seluruh aspek layanan di bandara, mulai dari penumpang ketika proses pendaftaran (check in), penanganan bagasi, cara dan perlakuan memasuki gerbang keberangkatan, cara menuju ke pesawat, hingga kebersihan dan kenyamanan toilet. Barata menyebutkan, tidak mudah mempertahankan prestasi itu, karena bandara-bandara lain di seluruh dunia dalam kategori yang sama tentu juga ingin menjadi yang terbaik.


Bandara Sepinggan mulai mengikuti ajang ini pada 2017 dan langsung meraih prestasi sebagai runner up kategori Bandara Terbaik dalam kawasan Asia Pasifik dan kapasitas penumpang 5 juta-15 juta per tahun. Setelah berusaha keras melakukan banyak perbaikan, pada 2018, Sepinggan pun menyabet gelar bandara terbaik dan terus dipertahankan sampai 2021 ini.


"Tahun 2020 meski di tengah wabah Covid-19, tidak mengecilkan tekad kami untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa. Terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh komunitas bandara yang sudah bekerja keras hingga berbuah penghargaan tersebut,” katanya.


Situs ACI menyebutkan, total peserta yang mengikuti ajang tersebut sebanyak 348 bandara di seluruh dunia. Mereka terbagi enam 6 wilayah yaitu Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, Timur Tengah, Afrika dan Asia Pasifik. Para peserta berlomba dalam enam kategori yakni Bandara Terbaik di wilayahnya dengan kapasitas kurang dari 2 juta, 2-5 juta, 5-15 juta, dan 15-25 juta, 25-40 juta dan lebih dari 40 juta penumpang per tahun.


Dari 115 bandara peserta di Asia Pasifik, 28 di antaranya menjadi saingan Bandara Sepinggan di kategori kapasitas 5-15 juta penumpang. Saingan terberat dari tahun lalu adalah Bandara Mumbai di India yang menjadi bandara terbaik pada 2017. Mudah-mudahan ini menginspirasi bagi bandara lainnya di Tanah Air, untuk berusaha keras, menjadi yang terbaik di tingkat internasional. ***