Perihal rencana perseroan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), Ira Puspadewi menuturkan, Menteri BUMN Erick Thohir menginginkan ASDP  go public pada waktu yang tepat. "Rencana IPO itu tetap berjalan. ASDP diproyeksikan IPO tahun depan," kata dia.

 

Manajemen ASDP meninjau Pelabuhan Ajibata dan Ambarita sejalan dengan disahkanya ASDP sebagai pengelola kedua pelabuhan yang terletak di Danau Toba tersebut.

 

"Setelah melalui proses yang cukup panjang, ASDP kini menjadi mitra Kerja Sama Pemanfaatan Operasional Barang Milik Negara (KSP  OBMN) yang terpilih dalam mengelola pelabuhan sebagai fasilitas utama transportasi," ujar Corporate Secretary  ASDP , Shelvy Arifin.

 

Hal itu, menurut Shelvy, turut menunjang kegiatan ekonomi masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Objek BMN yang akan dikelola adalah lahan dan bangunan Pelabuhan Ajibata dan Ambarita.

 

Dia mengemukakan, KSPO BMN Pelabuhan Ajibata dan Ambarita merupakan skema bisnis baru yang diharapkan dapat saling menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai BUMN , KSPO BMN ini juga berdampak positif, di mana keuntungan yang dihasilkan tidak saja menambah penerimaan negara tetapi juga bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

 

"ASDP ke depan tentu juga dapat memperluas aktivitas bisnisnya melalui skema KSPO ini. Dengan jam terbang yang tinggi dalam mengelola pelabuhan, ASDP memiliki standar pelayanan minimum dan standar safety yang optimum serta SDM yang berkualitas," tandas dia.

 

Sekjen Perhubungan Darat Kemenhub, Marta Hardisarwono mengatakan, pemerintah terus mendorong optimalisasi BMN untuk meningkatkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) melalui skema pembiayaan kerjasama pemerintah dan badan usaha ( KPBU) maupun KSPO pada BMN kepada pihak lain.

 

"Kami berharap skema perjanjian kerja sama ini akan menjadi role model pemanfaatan BMN di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan," kata Marta.