EmitenNews.com - Produsen batu bara terakbar Indonesia PT Bumi Resources (BUMI) kembali menyabet Corporate Social Responsibility (CSR), dan Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2022. Penghargaan itu didapat melalui entitas usaha PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan PT Arutmin Indonesia (Arutmin) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.


Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin menyerahkan secara langsung penghargaan kategori Gold kepada Chief Executive Officer (CEO) KPC Ashok Mitra untuk program Penyediaan Air Bersih – SPAMDES Mengucur Deras. Lalu, General Manager Operations Arutmin Umar Hadi untuk program Penggerak Ekonomi dan Penyerapan Tenaga Kerja Lokal – Pembinaan BUM Desa Usaha Berkah Mulia di Desa Bukit Mulia.


Sedangkan penghargaan kategori Silver diserahkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar diterima perwakilan KPC dan Arutmin yaitu Manager Project Management and Evaluation KPC, Louise G. Pessirerron untuk program Pengelolaan Sampah – Dari Sampah ke Sawah di Bengalon. Kemudian, Manager Site Kintap Lutfi Qolbirokhim untuk program Pengembangan Wisata Mangrove – Pembinaan BUM Desa Maritim Jaya Desa Pulau Burung. 


Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengapresiasi kegiatan tersebut. Pasalnya, keberadaan BUM Desa diharap mampu mengoptimalkan potensi lokal melalui bidang usaha sehingga memberi manfaat bagi masyarakat desa dengan melibatkan tokoh penggerak desa. ”Kolaborasi BUM Desa bersama BUMN, dan swasta dapat mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Ini dapat mewujudkan struktur perekonomian nasional kokoh, berkembang, dan berkeadilan,” tegas Ma’ruf.


Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie menyebut penghargaan itu bukti nyata BUMI Group selalu berusaha mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap usaha pertambangan dengan mengembangkan potensi sumber daya lokal sekaligus penyerapan tenaga lokal dengan tujuan jangka panjang menuju kemandirian ekonomi berkelanjutan. Dengan begitu, kala kegiatan pertambangan sudah berakhir, masyarakat bisa terus maju, dan berkembang mencapai kesejahteraan. 


”Terima kasih kepada Wakil Presiden, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atas penghargaan CSR dan PDB Awards 2022 kepada KPC, dan Arutmin. Pencapaian ini sejalan tujuan strategis perseroan untuk terus menjaga kinerja usaha, dan tumbuh berkelanjutan di tengah tantangan berat akibat pandemi Covid-19,” Adika. (*)