EmitenNews.com - PT United Tractors (UNTR) terus berupaya membangun keberlanjutan di Indonesia. Itu dilakukan melalui beberapa inisiatif program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang lingkungan, pendidikan, kesehatan, bencana, dan ekonomi. 


Berkat konsistensi itu, perseroan berhasil menyabet penghargaan pada ajang Indonesia Best Corporate Sustainability Award 2023 dari majalah MIX MarComm, Grup SWA media. Itu menunjukkan keseriusan perseroan menerapkan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG), dan mendukung isu keberlanjutan. 


Pada ajang itu, perseroan meraih empat penghargaan dengan kategori Corporate Social Marketing dan Corporate Sustainability Warrior Team. Perseroan meraih penghargaan pada program itu, antara lain bidang kebencanaan UTACTION Gempa Bumi Cianjur dengan kategori Employee Volunteering, bidang pendidikan SOBAT (Sekolah Binaan United Tractors) dengan kategori Creating Shared Value, bidang kesehatan TUNTAS (Transforming-Undernutrition to Thriving and Sustainable), dan kategori Warrior Team penghargaan diberikan kepada divisi Corporate Governance and Sustainability. 


Perseroan akan terus berupaya secara konsisten menjalankan  program CSR untuk membangun kehidupan masyarakat, dan lingkungan sekitar wilayah operasional perusahaan untuk mendorong masyarakat lebih baik. ”Capaian ini makin mendorong kami berkontribusi lebih luas untuk Indonesia melalui lima pilar yaitu bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan, dan kebencanaan,” tegas Himawan Sutanto, CSR Manager United Tractors.


Itu merupakan salah satu upaya strategis dalam menjalankan usaha berkelanjutan. Program CSR akan diimplementasikan dengan sungguh-sungguh mengarah pada program jangka menengah, dan panjang. ”Melalui program itu, kami bertekad menjadi bagian dari solusi atas permasalahan masyarakat,” ucap Himawan. 


Indikator penilaian pada kategori sustainability program berdasar tiga aspek. Di antarannya konsep program, eksekusi program, dan dampak kepada penerima manfaat. Selain itu, pada kategori corporate sustainability warrior berdasar visi jangka panjang dan roadmap CSR perusahaan, visi korporasi dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), peran top leader dalam perencanaan program, dan organisasi untuk mendukung eksekusi program. 


Dewan juri terlibat dalam penilaian itu, Founder IMMBAA (International of Master in Management & Business Alumni Association) & APAKP (Aliansi Praktisi & Akademisi Keberlanjutan Perusahaan) Dr. Gancar C Premananto, Communications Director Rajawali Foundation dan Wakil Sekretaris Umum Perhumas Fardila Rachmilliza, Founder & Presiden Direktur Remark Asia Ir. Dwi Rahmad Muhtaman, Senior Editor SWA Media Group Dr. A. Edhy Aruman, dan Pemimpin Redaksi Majalah MIX Ir. Lis Hendriani. 


Dengan berbagai inisiatif program CSR, United Tractors berharap mampu memberi dampak signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan. Selain itu, optimisme dan semangat melakukan kebaikan melalui berbagai program CSR juga dapat terus memberi dampak positif untuk keberlanjutan masyarakat di Indonesia. (*)