PMI Provinsi DKI Jakarta sangat berterimakasih atas sumbangsih yang diberikan KSEI. Pemberian bantuan ini sangat berarti untuk kepentingan masyarakat sendiri atas ketersediaan darah.

 

Ketua Pengurus Pengembangan Sumber Daya PMI Provinsi DKI Jakarta Syarifuddin menyampaikan, "PMI DKI Jakarta selalu berupaya memenuhi permintaan darah setiap hari. Pada saat bulan puasa pendonor kita turun karna banyak masyarakat yang ragu untuk melakukan donor darah dengan alasan kesehatan atau takut membatalkan puasa. Padahal sesuai dengan Fatwa MUI dan Fatwa MUI DKI Jakarta Tanggal 22 Rabi.ul Akhir 1421 H/24 Juli 2000 Masehi, donor darah tidak membatalkan puasa.

 

Maka dari itu, sangat penting untuk menstimulasi minat donor masyarakat dengan membagikan paket-paket, baik itu sembako atau paket-paket lainnya," tutur Syarifuddin. Menurut informasi yang dilansir dari laman PMI, setiap delapan detik terdapat satu orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia. Sementara itu, berdasarkan data laman PMI per 25 April 2022 jumlah stok kantong darah di PMI untuk golongan darah A terdapat 13.439, golongan darah B terdapat 25.259, golongan darah O terdapat 30.707 dan golongan darah AB terdapat 9.167.