Segmen komersial berkontribusi sebesar Rp2,1 triliun, setara kontribusi 28% terhadap total prapenjualan sepanjang 2021. Angka tersebut bersumber dari kavling komersial sebesar Rp677 miliar yang sebagian besar dijual di BSD City, strata title (apartemen/kondominium) Rp561 miliar dan ruko Rp916 miliar.

 

Sedangkan unit pengembangan vertikal yang terjual sebagian besar didukung oleh The Elements di Jakarta, Southgate di area TB Simatupang, Aerium Jakarta Barat Klaska Residence di Surabaya dan di unit apartemen di BSD City.

 

Untuk segmen ruko sebagian besar disumbang oleh TabeSpots, Virginia Arcade, West Park, Capital Cove dan Northridge Business Center di BSD City. Ditambah penjualan kavling tanah dari perusahaan patungan yang tumbuh 83% menjadi Rp332 miliar, berkontribusi positif 4% terhadap prapenjualan BSDE sepanjang 2021.

 

Angka penjualan tersebut bersumber dari penjualan kepada perusahaan patungan antara lain PT BSD Diamond Development (ZORA), PT Sinar Mitbana Mas dan PT Sinar Mitbana Mas Intermoda dengan ekuitas setara kepemilikan BSDE sebesar masing-masing 40%.

 

"Pencapaian kinerja prapenjualan ini menjadi modal bagi BSDE untuk melanjutkan penciptaan nilai demi pertumbuhan berkelanjutan di masa mendatang,"ungkap Hermawan.