EmitenNews.com—Konsorsium PT Persada Utama Infra, PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), dan PT Hutama Karya Infrastruktur menjadi satu-satunya konsorsium yang lulus tahap prakualifikasi pelelangan pengusahaan Jalan Tol Bogor-Serpong via Parung.


Untuk diketahui, Persada Utama Infra merupakan anak usaha PT United Tractors Tbk (UNTR) yang dimiliki secara tidak langsung melalui PT Pamapersada Nusantara dengan kepemilikan 99,2% (berdasarkan data per 31 Maret 2022).


Keputusan lulusnya konsorsium itu dari tahapan prakualifikasi sebagaimana tertuang dalam pengumuman penetapan hasil prakualifikasi pelelangan pengusahaan Jalan Tol Bogor-Serpong via Parung. Pengumuman itu diteken Ketua Panitia Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Eka Pria Anas pada 18 Juli 2022. Adapun perkiraan biaya investasi tol sepanjang 31,1 km itu adalah Rp 8,95 triliun.


"Panitia Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol telah selesai mengevaluasi dokumen prakualifikasi perusahaan/konsorsium yang disampaikan dan menetapkan hasilnya," jelas Eka Pria dalam pengumuman tertulisnya dikutip Kamis (18/8/2022).


Dalam pengumuman tersebut ditegaskan bahwa sesuai dengan ketentuan dalam dokumen prakualifikasi, peserta prakualifikasi yang keberatan atas penetapan hasil prakualifikasi dapat mengajukan sanggahan tertulis selambat-lambatnya lima hari kerja setelah tanggal pengumuman prakualifikasi.


"Tahap selanjutnya, panitia akan mengundang secara tertulis perusahaan/konsorsium yang lulus prakualifikasi untuk mengikuti pelelangan pengusahaan Jalan Tol Bogor-Serpong via Parung pada waktu yang akan ditetapkan kemudian oleh panitia," lanjut Eka Pria.


Sebelumnya, konsorsium PT Persada Utama Infra, PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), dan PT Hutama Karya Infrastruktur juga menjadi satu-satunya yang lulus prakualifikasi pelelangan pengusahaan Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat.


Hal tersebut sebagaimana tertuang pengumuman penetapan hasil prakualifikasi pelelangan pengusahaan Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat yang diteken Ketua Panitia Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Eka Pria Anas pada 10 Mei 2022.


Tol Sentul Selatan-Karawang Barat akan dibangun sepanjang 61,5 km dengan total perkiraan investasi Rp 15,37 triliun. Sehingga, total investasi Tol Bogor-Serpong via Parung dan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat ditaksir mencapai Rp 24,32 triliun.


Adapun dari data BPJT juga terungkap bahwa Tol Bogor-Parung via Parung dan Sentul Selatan-Karawang Barat diprakarsai oleh PT Pamapersada Nusantara yang merupakan anak usaha PT United Tractors Tbk (UNTR).