EmitenNews.com - Sehat terus Mbah Harun. Harun bin Senar (119 tahun), jemaah haji tertua Indonesia telah tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Jumat (26/5/2023). Bagusnya, ia tetap dalam kondisi sehat. Kakek sepuh itu mendarat di Tanah Suci, bersama 449 jemaah lain yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) SUB-6.

 

Mbah Harun, begitu pria asal Pamekasan, Jawa Timur itu, akrab disapa, benar-benar sehat, di usia sepuhnya. Tidak terlihat kesan lelah, setelah menempuh perjalanan panjang dari Tanah Air untuk menunaikan ibadah haji tahun 2023.

 

Salah satu bukti betapa sehatnya Mbah Harun, di usia senjanya, ia mampu menjawab pertanyaan petugas dengan baik. Ketika ditanya petugas mengenai kondisi kesehatannya setelah menempuh perjalanan jauh, dia langsung berdiri. Ia menunjukkan dirinya masih kuat dan bisa berjalan.

 

Nasib baik bagi Mbah Harun, bisa berangkat beribadah haji tahun ini, di bawah jargon pemerintah Haji Ramah Lansia. Dalam daftar tunggu, Mbah Harun yang mendaftar haji tahun 2017, semestinya baru akan berangkat tahun 2046. Namun karena tahun ini terdapat kuota prioritas lansia, dia akhirnya berkesempatan ke Tanah Suci setelah melunasi Bipih dengan menjual tanah miliknya.

 

Tetapi, meski kondisi kesehatannya baik, dan tubuhnya tetap bugar, setiba di Bandara AMAA Madinah, petugas tidak mau ambil risiko. Petugas tetap memberikan kursi roda untuk Mbah Harun, agar perjalanan hajinya lebih nyaman.

 

Bisa dipahami, bagian pelayanan Haji Ramah Lansia tersebut ditujukan untuk mengantisipasi, bila Mbah Harun lelah setelah perjalanan panjang.

 

Di luar itu, begitu tiba di bandara, setelah pemeriksaan di imigrasi, petugas kesehatan Indonesia, mengecek kondisi fisik Mbah Harun. Setelah itu, petugas Kesehatan Indonesia bergerak sigap membantunya menuju bus, sampai naik ke kursinya.

 

Ketika ditanya petugas apakah bisa segera naik ke bus, penuh semangat Mbah Harun menjawab bisa, mengisyaratkan bahwa dia siap menjalani hari-hari dalam ibadah haji. 

Petugas mengarahkannya untuk turun dari kursi roda, dan berdiri mengikutinya saat naik bus.