EmitenNews.com - PT Catur Sentosa Adiprana (CSAP) strategi ekspansi agresif terbukti memberi hasil positif. Pada kuartal III-2021 laba bersih menanjak 126 persen menjadi Rp137 miliar dibanding periode sama tahun lalu Rp61 miliar. Marjin laba bersih menjadi 1,32 persen dari sebelumnya 0,67 persen, dan marjin laba kotor tumbuh menjadi 16,26 persen dari sebelumnya 15,84 persen.


Rasio Ebitda tumbuh menjadi 5,13 persen dari periode sama tahun lalu 4,43 persen. Perbaikan rasio-rasio keuangan itu, memberi nilai tambah bagi para pemegang saham. Pertumbuhan laba tidak lepas dari kinerja positif pendapatan. Di mana, penjualan dan pendapatan Usaha tercatat Rp10,38 triliun, tumbuh 14,2 persen dibanding periode sama tahun lalu Rp9,09 triliun. 


Kinerja penjualan, dan pendapatan usaha dikontribusi segmen distribusi 65 persen, dan ritel modern 35 persen. Segmen distribusi membukukan pendapatan Rp6,7 triliun, dan segmen ritel modern Rp3,6 triliun. Segmen distribusi tumbuh 14 persen, dan segmen ritel modern tumbuh 13 persen dibanding periode sama tahun lalu. Pertumbuhan itu, sejalan target pertumbuhan konsolidasi 2021 sebesar 10 persen. 


Manajemen berkeyakinan tren pertumbuhan positif itu akan berlanjut hingga akhir tahun. Itu seiring perbaikan penanganan pandemi, pelonggaran aktivitas dengan tetap memperhatikan prosedur kesehatan, dan tingkat vaksinasi makin tinggi. Terlebih, kebutuhan akan rumah tinggal, dan renovasi tetap mendorong pertumbuhan pendapatan perseroan. ”Ditopang 42 cabang distribusi pada 40 kota, 42 superstore bahan bangunan & home improvement Mitra10, dan 15 modern home furnishing, Atria tersebar seluruh Indonesia akan menjadi katalis positif pertumbuhan di masa-masa mendatang,” tegas Idrus Widjajakusuma, Corporate Secretary Catur Sentosa. 


Perseroan sukses menuntaskan target pembukaan empat superstore baru Mitra10 tahun ini. Itu menyusul peresmian Mitra10 Kota Tegal, Jawa Tengah (Jateng). Peresmian itu, puncak dari serangkaian ekspansi segmen ritel sepanjang 2021. Sebelumnya, perseroan telah merelokasi satu Mitra10 di Kalimalang, Bekasi (Februari), dan ekspansi toko baru Mitra10 ke kota Banjarmasin (Juni), Palembang (September), dan Semarang (Oktober). Ekspansi itu, akan memperkuat kinerja segmen ritel bahan bangunan. Di mana, Mitra10 dikelola entitas anak perseroan yaitu PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS) dengan kepemilikan saham 99,90 persen. 


Kota Tegal dipilih tidak lepas dari potensi pertumbuhan sektor properti. Terletak sangat strategis sebagai penghubung jalur perekonomian lintas nasional, dan regional Pantura yaitu dari barat ke timur (Jakarta-Tegal-Semarang-Surabaya) dengan wilayah tengah, dan selatan Pulau Jawa (Jakarta-Tegal-Purwokerto-Yogyakarta-Surabaya), dan sebaliknya. 


Idrus menyebut ekspansi itu bagian rencana besar untuk memiliki 50 jaringan ritel modern bahan bangunan & home improvement Mitra10 seluruh Indonesia pada 2023. Kehadiran Mitra10 ke-42 Kota Tegal, akan memperkuat ekspansi supermarket modern bahan bangunan dan home improvement di Jateng, dan DI Yogyakarta. Sebelumnya Mitra10 telah hadir di Yogyakarta, Solo, dan Semarang. 


Erick Koswara, General Manager Marketing Communication Mitra10 menjelaskan pembukaan toko Mitra10 berbagai kota seluruh Indonesia komitmen berkelanjutan PT Catur Mitra Sejati Sentosa untuk hadir lebih dekat, dan sekaligus menjadi mitra masyarakat dalam membangun rumah. Pembukaan Mitra10 Tegal, menggenapi 42 toko pada 24 kota Indonesia. ”Kami berharap, Mitra10 Tegal menjadi destinasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berbelanja bahan bangunan, dan perlengkapan rumah,” harap Ercik.


Menyasar pemilik hunian, baik residensial, dan komersial skala kecil seperti hotel, café dan ruko atau rukan. Pertumbuhan, dan prospek segmen properti Kota Tegal turut menjadi pertimbangan perseroan dalam berekspansi. Mitra10 Kota Tegal menempati lahan seluas 11.200 m2, dan luas bangunan 9.583 m2. Sedang sisa lahan untuk parkir. Dengan ketersediaan lahan parkir luas dan aman, konsumen dapat berbelanja dengan aman, dan nyaman. 


Sebanyak 99 tenaga kerja lokal diserap Mitra10 akan membantu para pelanggan untuk memilih 9.594 item barang alias Stok Keeping Unit (SKU) terbagi 13 kategori. Terdiri dari cat, dan variannya, lantai, dan dinding, kamar mandi, dapur, pintu dan jendela, pipa atau plumbing, material bangunan, listrik, perkakas rumah (hardware), tools, hobi, perabot rumah tangga (houseware) hingga perlengkapan rumah tangga (home appliances). 


Total ada 600 lebih pemasok bekerja sama untuk Superstore ke-42 tersebut. Keberadaan Mitra10 juga turut membantu produk lokal. Karena 80 persen barang ditawarkan merupakan produk buatan dalam negeri. Selain menjual brand-brand kenamaan dari principal, perseroan juga memiliki House Brand yakni Zehn, Tidy, Sincere, Durafloor, Fiorano, dan Ryobi. 


Mitra10 mengusng konsep belanja bahan bangunan, dan perlengkapan rumah dalam satu atap dengan suasana berbelanja aman, dan nyaman. Mitra10 menarget para pemilik properti sebagai target market utama, baik itu residensial (rumah tapak & vertikal), maupun komersial (café, restoran, ruko & rukan), Mitra10 memberikan perhatian lebih atas tata letak produk diatur secara menarik, penyediaan katalog produk informatif, penawaran harga dengan garansi harga yang kompetitif adalah bagian dari upaya untuk menambah dan memperkuat kualitas layanan Mitra10. Slogan Murah, Lengkap, dan Nyaman adalah panduan Mitra10 dalam melayani, dan memenuhi kebutuhan seluruh pelanggan.


Medya Ika Ayu, Promotion & Advertising Manager Mitra10 menambahkan para pelanggan juga bisa menikmati berbagai promo menarik saat grand opening. Misalnya, promo tebus murah seperti Rice Cooker sampai dengan LED TV, crazy price merupakan promo diskon produk khusus grand opening mulai Rp21.900, tambahan diskon 15 persen khusus pemegang kartu kredit bank mandiri, Cicilan 0 persen hingga 6 bulan kartu kredit bank tertentu, hadiah langsung berupa tas belanja ramah lingkungan, voucher belanja gratis, logam mulia tanpa diundi, voucher belanja gratis senilai Rp100 ribu, dan promo registrasi keanggotaan Mitra10.  


Saat ini, Mitra10 telah menghiasi Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Semarang, Tegal Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Makassar, Balikpapan, dan Banjarmasin. Perseroan juga membuka gerai ke-15 Atria di Mitra10 Kota Tegal. Atria gerai modern home furnishing di kelola entitas anak perseroan, PT Catur Sentosa Berhasil (CSB).


Saat ini, Atria dikembangkan dengan konsep Shop in Shop. Di mana, gerai-gerai Atria berada dalam kawasan Superstore Mitra10. Konsep itu, memudahkan konsumen dalam berbelanja. Seluruh kebutuhan rumah, terutama furniture, dan aksesoris rumah bisa didapat. Sedang bahan bangunan, dan home improvement bisa didapat di Mitra10 dalam satu kawasan. 


Showroom Atria seluas 1.073 m2 disusun dengan konsep interior modern, dan didukung pelayanan pelanggan terbaik. Itu membuat Atria menjadi tempat paling nyaman untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan furniture. Pengunjung dapat memilih beragam produk furniture seperti Aksesoris, Bedroom Set, Bed Gelar, Commercial, Dining, Kids, Living, Mattress, Office, Storage, Wardrobe, dan sebaginya. (*)