EmitenNews.com - Pemerintah akan menerapkan rekayasa lalu lintas saat arus balik libur Lebaran 2022. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan rekayasa lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022 perlu untuk mengurai kepadatan lalu lintas pascamudik.


Dalam keterangannya yang dikutip Rabu (4/5/2022), Menhub Budi Karya Sumadi memandang, penerapan ganjil-genap, one way, hingga pembatasan truk di jalan tol berhasil mengurai kepadatan di jalan tol. Dengan begitu, dia berharap hal yang sama terjadi pada arus balik.


Dengan rekayasa lalu lintas one way, perjalanan dari arah barat menuju ke timur hingga ke Semarang dapat dilalui dengan cukup lancar. Karena itu, keberhasilan rekayasa lalin pada arus mudik, diharapkan juga dapat terjadi pada arus balik.


Menhub mengakui memang ada kepadatan lalu lintas yang sempat terjadi di hari puncak mudik di Jalur tol Jakarta menuju Cikampek ke arah timur. "Memang sempat ada masalah saat menerapkan contra flow dan one way pertama kali. Namun selanjutnya bisa diatasi dengan baik."


Keberhasilan mengatasi kepadatan lalu lintas ini, menurut Budi Karya, berkat koordinasi Kepolisian, Jasa Marga, Kemenhub, dan unsur terkait lainnya. “Kami mempersiapkannya jauh-jauh hari dengan melakukan simulasi-simulasi.”


Dua titik yang menjadi perhatian khusus pemerintah untuk ditangani yaitu Jalan Tol Jakarta - Semarang dan Penyeberangan Merak. Pada puncak mudik, di Pelabuhan Penyeberangan Merak juga sempat terjadi kepadatan akibat tingginya lonjakan pemudik yang akan menyeberang.


Untuk mengatasi kepadatan, telah dilakukan penambahan dua pelabuhan. Yakni Ciwandan dan Indah Kiat. Selain menambah pelabuhan, juga penambahan kapal.


Sebanyak dua kapal beroperasi di Dermaga Indah Kiat dan sembilan kapal di Dermaga Ciwandan. Dengan begitu total kapal yang beroperasi melayani penyeberangan dari Merak ke Bakauheni dan Pelabuhan Panjang, Lampung sebanyak 53 kapal.


Sementara itu, atas dikresi Kepolisian, Jasa Marga melakukan Rekayasa Lalu Lintas untuk untuk mengurai kepadatan kendaraan di Beberapa Ruas Jalan Tol. Berikut rincian pemberlakukan rekayasa lalu lintas:


1. Sebelumnya dilakukan Contra Flow yang mulai diberlakukan dari KM 47 s.d KM 65 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek sejak pukul 09.09 WIB.


2. Perpanjangan Contra Flow kembali diberlakukan pada Km 36+800 s.d Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek untuk 1 lajur. Sehingga Contra Flow saat ini yang diberlakukan sejak pukul 12.50 WIB yaitu Contra Flow Km 36+800 s.d Km 65 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek.


3. Kebijakan buka tutup akses masuk Jalan Layang Tol Mohamed Bin Zayed (MBZ) dilakukan secara situasional melalui diskresi kepolisian. Hal tersebut diberlakukan untuk akses masuk portal Jati Bening dan Kalimalang yang telah ditutup sejak pukul 08.25 WIB. Sedangkan akses masuk Portal Jatiasih sempat dibuka pukul 09.50 WIB dan kembali ditutup pada pukul 10.44 WIB.


4. Rekayasa Lalu Lintas Contra Flow juga diberlakukan pada Ruas Tol Semarang - Solo pada Km 427 s.d Km 430 sejak pukul 11.22 WIB. ***