EmitenNews.com - Agustus 2022 menjadi bulan penting bagi pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan land development atau pengembangan lahan untuk kawasan inti pemerintahan, seperti Istana Presiden, Istana Wakil Presiden, dan gedung-gedung kementerian/lembaga sudah dilakukan pada bulan merdeka 2022.

 

Usai menghadiri "National Stakeholders Forum: 10th World Water Forum First Announcement," Jumat (8/7/2022), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pada 15 Juli 2022 akan ada penandatanganan kontrak untuk proses land development di IKN. Dengan begitu, pemetaan lahan hasil land development sudah tersedia pada Agustus 2022.

 

"Land development itu hasilnya kavling, pengkavlingan, ini lokasi kementerian apa, Istana Presiden, ini Istana Wapres. Jadi, jika Presiden ke sana, sudah memberi perintah, untuk membuat rumah sakit, atau buat apa di kavling yang ada," kata Basuki Hadimuljono.

 

Rencananya, pada akhir Juli 2022, terdapat progres untuk pembangunan jalan akses utama ke IKN dari Jalan Tol Balikpapan. Demikian pembangunan IKN Nusantara, di Kalimantan Timur, dipastikan sesuai progres yang direncanakan.

 

Presiden Joko Widodo sudah meninjau pembangunan infrastruktur dasar di IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yakni Bendungan Sepaku Semoi dan Persemaian Mentawir, beberapa waktu lalu. ***