EmitenNews.com - PT Medco Energi (MEDC) akan membeli kembali penawaran tender senilai USD250 juta atau sekitar Rp3,83 triliun. Penyesuaian atas jumlah terutang pertama berdasar USD500 juta, 6,75 persen surat utang senior jatuh tempo pada 2025 diterbitkan Medco Platinum Road Pte. Ltd (surat Utang 2025). 


Selanjutnya, USD650 juta, 7,375 persen persen surat utang senior jatuh tempo pada 2026 diterbitkan Medco Bell Pte. Ltd. (Surat Utang 2026), dan terakhir USD650 juta, 7,375 persen surat utang senior jatuh tempo 2027 diterbitkan Medco Bell Pte. Ltd. (Surat Utang 2027).


Dua entitas usaha itu, merupakan anak usaha Medco, dijamin tanpa syarat, dan tidak dapat ditarik kembali oleh perseroan dan beberapa anak usaha, dengan total harga pembelian (termasuk accrued interest) sebagaimana dirinci dalam dokumen penawaran pembelian.


Medco mengklaim penuntasan penawaran tender bergantung pada kondisi tertentu sebagaimana diubah, diganti, dikesampingkan atau ditambah anak usaha Medco Energi, dan perseroan. Sebelum tanggal penyelesaian, Medco Energi  akan meneken fasilitas pinjaman berjangka maksimal USD150 juta dengan sejumlah kreditur.


Dana pinjaman itu, untuk tujuan pembiayaan sebagian dari pembayaran yang akan dibayarkan dalam penawaran tender. Fasilitas pinjaman itu, akan menambah kewajiban keuangan, tetapi tidak akan mengganggu kelangsungan kegiatan usaha, dan anak usaha. ”Tidak ada dampak khusus lain atas rencana transaksi tersebut,” tulis manajemen Medco Energi. (*)