EmitenNews.com -Hingga kuartal III 2023, PT Elnusa Tbk (ELSA) telah menyerap capex sebesar 57% atau setara Rp285 miliar dari anggaran Rp500 miliar di 2023. Berdasarkan serapan belanja modal tersebut, top cash out Realization year-to-date September 2023 dikontribusikan sebesar 27% untuk lini bisnis Hulu yang meliputi cementing unit, equipment slickline, dan electric wireline (EWL) onshore.

Adapun sebesar 25% pada jasa energy distribution & logistic untuk kebutuhan penggantian armada mobil tanki reguler. Sementara itu sebesar 43% untuk kebutuhan Jasa Penunjang meliputi accomodation work barge offshore & kebutuhan operasional barge dan 5% penggunaan untuk non project.

Adapun untuk tahun 2024, Elnusa (ELSA) menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp520 miliar di 2024. Direktur Utama Elnusa John Hisar Simamora mengatakan, belanja modal tersebut mungkin bertambah seiring peluang yang cerah di tahun depan.

"Terkait target capital expenditure tahun 2024 kami menganggarkan sekitar Rp520 miliar," ungkap John pada Public Expose Live 2023, Kamis (30/11/2023)

"Namun tidak tertutup kemungkinan bertambah jika di dalam prosesnya nanti di 2024 kami bisa melihat peluang lain untuk bisa menambah expenditure," imbuhnya.

Menurut John, rencana sumber pendanaan capex tahun depan masih akan didanai internal cash dan kredit yang dimiliki perseroan.

Melihat kinerja yang unggul hingga sembilan bulan pertama di 2023 ini, Elnusa akan melanjutkan capaian tersebut dengan memperkuat fundamental bisnis menuju pertumbuhan yang semakin kompetitif serta berkelanjutan melalui Strategic Direction.

Adapun fokus sasaran dari Strategic Direction tersebut diantaranya berfokus pada aspek HSSE yang dijadikan sebagai budaya kerja untuk diterapkan di setiap pekerjaan peningkatan kapasitas peralatan melalui belanja modal dengan menerapkan investasi yang tepat guna.

Kemudian melakukan optimalisasi dan akuntabilitas biaya, melakukan pengembangan bisnis untuk pertumbuhan yang berkelanjutan serta mendukung penerapan prinsip ESG dalam praktik bisnis.

Kinerja gemilang Elnusa di kuartal III 2023 ini menjadi bukti nyata atas komitmen terhadap strategi bisnis yang diterapkan. Perseroan tetap fokus untuk adaptif dalam berinovasi serta meningkatkan kompetensi pada setiap aspek bisnisnya.

Menghadapi 2024 ke depan, Elnusa semakin percaya diri untuk memperkuat posisi sebagai Perusahaan Jasa Energi yang Memberikan Solusi Total dan mampu meningkatkan efisiensi operasional, pertumbuhan bisnis serta keberlanjutan finansial jangka panjang.