EmitenNews.com - Konvoi 20 pembalap MotoGP Mandalika di Jakarta, tanpa keikutsertaan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden urung ikut konvoi bersama para pembalap, yang dimulai dari depan Istana Negara, Jakarta, hingga Jalan MH. Thamrin. Alasannya, faktor keamanan. Dipastikan, sepeda motor yang dipakai dalam parade pembalap itu, bukan motor MotoGP.


“Saya sudah sampaikan tadi, saya tidak naik motor. Karena tidak diperbolehkan dari sisi keamanan. Jadi, tadi saya lemes itu,” kata Presiden Jokowi usai melepas iring-iringan 20 pembalap MotoGP di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (16/3/2022).


Padahal, Presiden Jokowi diagendakan ikut berkonvoi bersama dengan para pembalap MotoGP, yang akan berlaga di Sirkuit Mandalika, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), 18 - 20 Maret 2022. Rencana itu dibatalkan, setelah mendengar pertimbangan dari sisi keamanan.


Setelah bertemu para pembalap MotoGP, Jokowi berharap pembalap Moto3 Mario Suryo Aji yang kini bernaung di Honda Team Asia bisa naik kelas ke MotoGP. Jika itu terwujud kelak, bisa menjadi kebanggaan Indonesia di mata dunia, khususnya dalam ranah otomotif. “Mario kita harapkan bisa naik, naik kemudian masuk ke MotoGP.”


Tetapi, Jokowi mengaku akan menonton langsung debut MotoGP di Sirkuit Mandalika, yang berlangsung pada 18-20 Maret 2022. “Iya saya akan lihat. Mungkin hanya satu hari aja. Jumat, Sabtu, atau Minggu, hanya sehari.”


Seperti diketahui menyambut gelaran MotoGP Mandalika, pemerintah menggelar acara Energy to Speed Up Parade, yang diikuti semua riders, atau pembalap. Mereka melakukan konvoi dari Istana Negara Jakarta.


Dibuka oleh Presiden Jokowi, para pembalap lanjut konvoi ke arah Jalan Thamrin melewati Patung Kuda Arjuna dan Bundaran HI. Dari acara yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB itu, suara moge alias motor gede yang akan mengikuti konvoi mulai meraung depan Istana. Motor para pembalap disiapkan.


Sejumlah komunitas juga tampak antusias mengikuti acara ini. Sebanyak 50 riders dari beberapa ATPM disiapkan. Antara lain 15 dari ducati, 15 Yamaha, 10 Suzuki, 10 Honda dan 10 Motorbike dari Pertamina dengan sticker Pertamina. Mereka sebelumnya sudah standby di monas.


Balapan MotoGP Mandalika, 18 - 20 Maret 2022, merupakan lanjutan dari sesi pramusim yang digelar selama tiga hari pada 11-13 Februari, di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dilaporkan tiket untuk menonton acara balap tingkat dunia itu sudah habis terjual.


Berikut daftar para pembalap yang ikut berparade di Jakarta:

Yaitu: 1). Marq Marquez, Spanyol, Honda. 2). Pol Espargaro, Spanyol, Honda. 3). Joan Mir, Spanyol, Suzuki. 4). Alex Rins, Spanyol, Suzuki. 5). Francesco Bagnaia, Italia, Ducati. 6). Jack Miller, Australia, Ducati. 7). Enea Bastianini, Italia, Ducati. 8). Fabio Di Gianntonio, Italia, Ducati. 9). Johann Zarco, Perancis, Ducati.


Kemudian, 10. Jorge Martin, Spanyol, Ducati. 11). Alex Marquez, Spanyol, Honda. 12). Takaaki Nakagami, Jepang, Honda. 13). Andrea Dovizioso, Italia, Honda. 14). Brad Binder, Afrika Selatan, KTM. 15). Luca Marini, Italia, Ducati. 16). Marco Bezzechi, Italia, Ducati. 17). Bo Bendsneyder, Belanda, Kalex. 18). Gabriel Rodrigo, Spanyol, Kalex. 19). Mario Aji, Indonesia, Honda, dan 20. V. Ega Pratama, Indonesia, Honda.


Usai melakukan parade, para pembalap kembali ke Istana Negara Jakarta, sebelum pada esoknya, Kamis (17/3/2022), akan melakukan konferensi pers di Sirkuit Internasional Mandalika Indonesia.


Keberhasilan penyelenggaraan kejuaraan dunia MotoGP, jelas sebuah kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Ini sejarah dalam dunia olahraga Indonesia, khususnya olahraga otomotif. ***