EmitenNews.com - Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idAAA untuk Adira Dinamika Multi Finance atau Adira Finance (ADMF). Peringkat itu, juga berlaku untuk obligasi berkelanjutan perseroan masih beredar.

Saat bersamaan, Pefindo juga menegaskan peringkat idAAA(sy) untuk Sukuk Mudharabah Berkelanjutan Adira Finance masih beredar. Prospek untuk peringkat kredit perusahaan stabil.

Peringkat tersebut terutama mencerminkan kemungkinan tingkat dukungan sangat kuat dari induk tertinggi perusahaan (ultimate parent), MUFG Bank, Ltd (MUFG Bank).

Profil kredit standalone Adira Finance mencerminkan pangsa pasar perusahaan sangat kuat, portofolio bisnis terdiversifikasi dengan baik, dan permodalan sangat kuat, namun dibatasi tantangan dalam perbaikan efisiensi operasional.

Peringkat dapat diturunkan jika ada bukti material mengenai penurunan dukungan dari MUFG Bank, dapat dipicu pelemahan posisi bisnis Adira Finance, atau dari penurunan profil kualitas aset, dan profitabilitas secara signifikan, dan berkelanjutan.

Didirikan pada 1990, Adira Finance menyediakan layanan pembiayaan pembelian otomotif dan multiguna. Pada 31 Desember 2023, sebanyak 92,07 persen saham Adira Finance dimiliki Bank Danamon Indonesia (dimiliki 92,5% oleh MUFG Bank) dan 7,93 persen dimiliki publik. (*)