EmitenNews.com -Fitch Ratings telah menetapkan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang berbasis di Indonesia sebagai Issuer Default Rating (IDR) Mata Uang Asing Jangka Panjang pertama kali di 'BBB' dengan Outlook Stabil.

 

IDR didasarkan pada penilaian kami terhadap Standalone Credit Profile (SCP) PHE di 'bbb', yang setara dengan IDR induknya, PT Pertamina (Persero) (Pertamina, BBB/Stabil), kata Fitch Rating dalam keterangannya yang di kutip, Senin (10/7/2023).

 

SCP didorong oleh profil operasi PHE yang tangguh, didukung oleh posisinya yang berbiaya rendah dan skala yang wajar yang kami perkirakan akan tumbuh secara konsisten, didukung oleh program belanja modalnya, dan profil keuangan yang konservatif untuk tingkat peringkatnya. Faktor-faktor ini sebagian diimbangi oleh penilaian kami terhadap basis cadangan terbukti PHE yang lebih kecil dan umur cadangan terbukti yang sederhana dibandingkan dengan sebagian besar rekan-rekan berperingkat 'BBB' lainnya, dan diversifikasi geografis yang terbatas di luar Indonesia.

 

IDR PHE akan disamakan dengan 'BBB' Pertamina bahkan jika SCP-nya melemah di bawah 'bbb', yang mencerminkan penilaian kami terhadap insentif legal, strategis, dan operasional induk yang tinggi untuk mendukung anak perusahaan sesuai dengan Kriteria Hubungan Induk dan Anak Perusahaan (PSL) Fitch. Jika SCP PHE membaik di atas 'bbb', IDR-nya akan dibatasi oleh profil kredit gabungan Pertamina di 'BBB', karena kami menilai baik ring-fencing legal maupun akses dan kontrol Pertamina atas PHE sebagai 'Terbuka' berdasarkan kriteria PSL " jalur anak perusahaan yang lebih kuat.



DRIVER PERINGKAT KUNCI

Pertumbuhan Produksi yang Solid: Kami memperkirakan PHE akan mempertahankan pertumbuhan produksi sebesar 7%-8% (2022: 8%) dalam empat tahun ke depan dengan rencana peningkatan di blok Rokan menjadi 260.000 barel setara minyak per hari (boepd) pada tahun 2025- 2026 dari 160.000 boepd saat ini. PHE juga berencana untuk meningkatkan produksi sekitar 10% di anak perusahaan utama lainnya, PT Pertamina EP (PEP), pada tahun 2025 dari level tahun 2022, sebagian diimbangi oleh penurunan alami di lapangan tua lainnya, termasuk Mahakam. Produksi PHE naik 8% pada tahun 2022 pada penyertaan setahun penuh pertama Rokan setelah diakuisisi pada Agustus 2021.

 

Biaya Kompetitif s : SCP PHE diuntungkan dari posisi berbiaya rendah dari aset-aset utamanya dengan perkiraan biaya produksi sebesar USD12-14 per barel setara minyak (boe) dan biaya impas over-the-cycle sebesar USD25-27/boe, yang kompetitif dibandingkan dengan rekan-rekan dengan peringkat yang sama secara regional dan global. Kami perkirakan EBITDA/boe PHE akan tetap kuat di sekitar USD18-25 pada 2025-2026 bahkan dengan asumsi penurunan harga minyak Fitch. PHE mempertahankan profitabilitas yang wajar dalam penurunan harga minyak terakhir pada tahun 2020, dengan EBITDA sekitar USD4 miliar, atau USD18/boe.

 

Kontrak Gas Mengurangi Volatilitas Pendapatan : Pendapatan PHE dari gas lebih stabil daripada minyak mentah karena 30% volume gasnya dijual dengan kontrak ambil-atau-bayar harga tetap sementara 70% sisanya diindeks ke campuran minyak, tolok ukur gas dan produk. Sekitar 46% dari volume penjualan PHE adalah gas pada tahun 2022. Proporsi ini kemungkinan besar tidak akan berubah secara material selama empat tahun ke depan.

 

Basis Cadangan Sederhana: Cadangan terbukti (1P) PHE sebesar 1,4 miliar boe - perkiraan Fitch tentang hak PHE - pada tahun 2022 cukup lebih rendah daripada sebagian besar rekan-rekan berperingkat dalam kategori 'BBB'. Pada produksi 2022, ini berarti masa cadangan 1P sekitar tujuh tahun, yang berada di ujung bawah kisaran untuk rekan-rekan dengan peringkat yang sama.